Harga Timah Retreat Teknikal, Masih Bertahan di Atas 16.000 Dollar

724

Harga timah di bursa Malaysia mengalami penurunan terbatas pada perdagangan Selasa siang (13/10). Harga timah retreat teknikal setelah pada perdagangan kemarin menembus level 16.000 per dollar AS. Harga komoditas ini masih bertahan di atas level resistance kuat tersebut hingga hari ini.

Harga timah di bulan Oktober kembali mengincar level resistance kuat 16.000 dollar per ton dan berhasil melewatinya pada perdagangan tanggal 12 Oktober kemarin. Harga timah menerima sentimen positif berupa potensi penurunan pasokan global.

Salah satu yang memicu potensi penurunan stok global adalah regulasi ekspor timah di Indonesia. Regulasi tersebut akan membuat pasokan timah global mengalami penurunan tahun depan. Di samping itu potensi membaiknya kondisi ekonomi global juga ikut menunjang dari sisi permintaan.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami penurunan tipis hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 16.050 dollar per ton, turun tipis 50 dollar atau setara dengan 0,31 persen..

Di akhir perdagangan bursa LME Selasa dini hari tadi harga timah berjangka untuk kontrak 3 bulan ke depan juga mengalami penurunan yang jauh lebih dahsyat. Harga komoditas tersebut ditutup melemah sebesar 260 dollar atau 1,61 persen dan berakhir di posisi 15.890 dollar per ton. 

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya untuk jangka pendek akan menghadapi level resistance kuat di posisi 16.200 dollar dan 16.400 dollar. Akan tetapi jika terjadi retreat dan melemah harga tembaga akan menghadapi level support di 15.800 dollar dan 15.600 dollar.

 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here