Harga Karet Tocom Menguat Oleh Aksi Beli

576

Harga karet alami berjangka di bursa Tocom pagi ini mampu rebound di teritori positif (10/11). Harga karet alami Tocom menguat disebabkan oleh aksi beli teknikal yang dilakukan para pelaku pasar untuk memanfaatkan harga murah yang sudah terjadi pada perdagangan sebelumnya.

Jika melihat indikator harga karet Tocom, dimana harga minyak dunia merosot, kurs Yen menguat terhadap dollar AS, seharusnya harga karet Tocom ikut melemah, namun indikator tersebut tidak berhasil menurunkan harga karet Tocom dengan adanya aksi beli oleh pelaku pasar.

Pada perdagangan pagi, harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu kontrak bulan April 2016 membukukan kenaikan sebesar 2,5 yen menjadi 157,4 yen per kilogram, naik dari harga penutupan perdagangan sebelumnya pada 154,9 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka di bursa Tocom pada perdagangan selanjutnya akan kembali dipengaruhi oleh pergerakan nilai tukar yen Jepang dan harga minyak mentah, setelah meredanya aksi beli. Kedua indikator tersebut merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap pergerakan harga karet alami Tocom.

Harga komoditas karet berjangka di bursa Tocom akan bergerak pada kisaran Support 152,50 yen dan 147,50 yen, dan jika harga terus meningkat akan menembus kisaran Resistance 162,50 dan 167,50 yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here