Saham-saham Permobilan Memperkuat Awal Bursa Jepang

948
Photo by Vibizmedia

Bursa Jepang pada awal perdagangan Rabu (18/11) dibuka naik 1% lebih tinggi. Terpantau saat ini naik 185.05 poin atau 0,94% pada 19.814,66. Penguatan Indeks Nikkei karena investor masih mencermati pertemuan pembuat kebijakan BOJ yang akan memutuskan suku bunga Jepag pada hari Kamis lusa.

Lihat : Indeks Nikkei Ditutup Lanjutkan Kenaikan Dengan Pelemahan Yen

Saham pembuat mobil Jepang juga meningkat perdagangan awal, saham Toyota naik 0,95 persen, saham Nissan naik 1,54 persen, saham Honda naik 0,78 persen dan saham Mazda meningkat 0,81 persen.

Sementara itu saham Softbank naik 1,14 persen setelah bank mengumumkan rencana untuk mengeluarkan ¥ 370 miliar ($ 2,97 miliar) obligasi langsung untuk investor ritel pada bulan Desember.

Di sisi lain, saham Toshiba dibuka di zona merah setelah muncul laporan bahwa pengawas sekuritas Jepang kemungkinan akan merekomendasikan denda sekitar 7,5 miliar yen ($ 60 juta) untuk skandal yang melanda perusahaan tersebut di tahun-tahun sebelumnya. Skandal akuntansi tersebut menyebabkan perombakan manajemen senior sebagai upaya perusahaan untuk terus membangun kembali citranya. Saham Toshiba turun hampir 0,5 persen.

Sedangkan untuk indeks Nikkei berjangka juga menguat, naik 120 poin atau 0,61% pada 19,800.00 dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 19,680.

Dari dalam negeri, hari ini belum ada rilis data fundamental. Jadi perlu terus mewaspadai pergerakan harga minyak dunia dan mata uang Yen, juga perkembangan bursa global.

Data indikator ekonomi Jepang baru akna ada pada hari Kamis, diman akan dirilis data Interest Rate Decision yang diindikasikan berdasarkan survey para ekonom akan tetap berada di level 0%, sama seperti level sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya hari ini, indeks diperkirakan akan mencoba melanjutkan penguatan dengan penguatan kinerja saham-sahamnya dan harapan stabilnya suku bunga Jepang. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak kisaran Resistance 20,068-20,210, dan jika harga terkoreksi negatif akan mencoba menembus level Support 19,609-19,432.

 

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here