Kenaikan Harga Minyak Kembali Angkat Harga Karet Tocom

530

Harga karet Tocom pada perdagangan Kamis pagi (26/11) kembali mencatatkan kenaikan. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Mei 2016 bergerak positif terdorong naiknya harga minyak mentah.

Kenaikan harga karet hari ini terdorong meningkatnya harga minyak mentah pada penutupan dinihari tadi. Harga minyak berjangka WTI untuk kontrak bulan Desember ditutup naik 17 sen, atau 0,4 persen, pada 43,04 dollar per barel, setelah sebelumnya jatuh serendah 41,72 dollar per barel.

Kenaikan harga minyak mentah terdorong perkiraan yang menyatakan persediaan AS lebih kecil dari perkiraan data sebelumnya.  Pada hari Rabu, Energy Information Administration AS mengatakan stok minyak mentah di seluruh negeri naik 961.000 barel pekan lalu. Sebuah laporan persediaan awal oleh kelompok industri American Petroleum Institute telah mengantisipasi kenaikan 2,6 juta barel, sementara jajak pendapat Reuters analis memperkirakan 1,2 juta barel.

Imbas dari peningkatan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis yang berbahan baku minyak mentah menjadi lebih mahal. Akibatnya permintaan terhadap karet sintetis turun dan mengangkat permintaan terhadap karet alami.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Mei 2016 hari ini berada pada posisi 165,6 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami kenaikan sebesar 7,5 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 158,1 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari masih berpotensi menghadapi tekanan negatif dengan masih kuatnya sentimen negatif pelemahan harga minyak mentah. Demikian juga perlu diperhatikan potensi penguatan kurs Yen.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 160,00 yen. Support selanjutnya ada di 155,00 yen. Sementara itu jika harga melanjutkan penguatan akan menemui resistance di posisi 172,00  yen dan 177,00  yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here