Harga Batubara Rotterdam Tergerus Anjloknya Minyak Mentah

845

Pada akhir perdagangan Selasa dini hari (12/01), harga batubara Rotterdam turun terganjal harga minyak mentah dunia yang anjlok.

Harga minyak mentah kembali anjlok tajam pada penutupan perdagangan Selasa dinihari tadi (12/01) dengan harga terjun ke posisi baru terendah 12-tahun tertekan tergelincirnya pasar saham Tiongkok. Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) berada pada 31,41 dollar per barel, turun $ 1,75, atau 5,28 persen. Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent turun sebesar $ 1,99 di 31,56 dollar per barel.

Terkait merosotnya harga minyak tersebut di akhir perdagangan dini hari tadi harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak bulan Februari 2016 berada di posisi 45,55 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penurunan sebesar 0,35 dollar atau setara dengan 0,76 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Sementara itu harga batubara kontrak SGX IHS McCloskey Indonesian Sub-Bit FOB Index Futures bulan Januari 2016 ditransaksikan pada posisi 37,00 dollar per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya masih akan dipengaruhi oleh kinerja harga minyak mentah. Melemahnya harga komoditas ini diperkirakan akan berlangsung terus akibat permintaan global yang masih sangat lemah dan pelemahan lanjutan harga minyak mentah

Harga batubara berjangka berpotensi mengetes level support pada posisi 45,20 dollar dan support kedua di level 44,80 dollar. Sedangkan level resistance yang akan dites jika terjadi peningkatan harga ada pada posisi 46,00 dollar dan 46,40 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here