Bursa Eropa Akhir Pekan Terangkat Harapan Stimulus ECB dan Kenaikan Minyak Mentah

597

Bursa Saham Eropa naik pada penutupan perdagangan Jumat malam (22/01), didukung oleh pemulihan harga minyak dan komentar dovish dari Bank Sentral Eropa (ECB), yang mengisyaratkan pelonggaran moneter lebih lanjut pada awal Maret.

Indeks FTSE 100 ditutup pada posisi 5.900,01, naik 126,22 poin atau 2,19%

Indeks DAX ditutup pada posisi 9.764,88, naik 190,72 poin atau 1,99%

Indeks CAC 40 ditutup pada posisi 4.336,69, naik 130,29 poin atau 3,10%

Indeks IBEX 35 ditutup pada posisi 8.722,90, naik 278,70 poin atau 3,30%

Indeks Pan-Eropa Stoxx Europe 600 ditutup naik 3 persen dengan semua sektor mengalami kenaikan.

Pasar Asia bergerak lebih tinggi Jumat menyusul kinerja yang positif di pasar saham AS, rebound harga minyak dan komentar dari pertemuan kebijakan ECB. Indeks Nikkei 225 naik untuk menutup hampir 6 persen lebih tinggi, dengan pasar Tiongkok juga menghasilkan kenaikan. Bursa Saham AS diperdagangkan lebih tinggi Jumat, dibantu oleh kenaikan haga minyak dan harapan stimulus di zona euro dan Jepang.

Semua sektor diperdagangkan di wilayah positif, dengan sumber daya dasar dan sektor minyak dan gas naik 3 dan 5 persen, karena harga minyak naik lagi di atas $ 30 per barel. Harga minyak mentah Brent naik lebih dari 7 persen pada penutupan Eropa, di $ 31,48, sementara minyak mentah AS juga melonjak sekitar 7 persen menjadi $ 31,61.

Perusahaan minyak dan gas eksplorasi Tullow Oil menduduki puncak pada indeks STOXX 600, naik sebanyak 19 persen, sebelum menutup naik 14,4 persen. Royal Dutch Shell adalah salah satu pemain terbaik FTSE ini, menyelesaikan lebih dari 5 persen. Sektor pertambangan berkinerja baik selama perdagangan, namun beberapa penambang terkemuka berada di bawah tekanan di sore hari, termasuk Rio Tinto dan Glencore, yang keduanya ditutup melemah. Saham Anglo American jatuh lebih dari 8 persen.

Pada konferensi pers pada Kamis sore, Presiden ECB Mario Draghi mengatakan bank akan “meninjau kembali” sikap kebijakan pada bulan Maret.

Bank mempertahankan suku bunga ditahan, tetapi dalam menghadapi kerugian besar di pasar keuangan sejak awal tahun ini, Draghi mengatakan tidak akan “menyerah”. Dia sekali lagi mengatakan bank bersedia untuk bertindak pada Jumat pagi, berbicara pada Forum Ekonomi Dunia di Davos.

Markit merilis Purchasing Managers Index (PMI) zona euro untuk Januari, yang menunjukkan bisnis zona euro memiliki awal yang mengecewakan untuk 2016. Indeks jatuh ke 53,5 dari 54,3 bulan lalu.

Dalam berita perusahaan, Bank Italia Banca Monte dei Paschi di Siena (BMPS) mengatakan tidak membutuhkan peningkatan modal dan menekankan memiliki posisi modal yang sangat kuat. Reuters mengutip ketua bank mengatakan di media Italia bahwa bank adalah “aktif” mengejar pilihan baik di Italia dan luar negeri.

Saham BMPS naik setinggi 10 persen, namun berada di bawah tekanan tajam dalam perdagangan sore, turun di dekat 7 persen sebelum menutup 2,7 persen lebih tinggi, berikut sahamnya diskors. Banyak bank-bank Eropa menguat pada sesi Jumat, dengan sektor bank naik di atas 3 persen.

Sementara raksasa elektronik Belanda Philips mengatakan hasil $ 3,3 miliar penjualan divisi Lumileds telah jatuh pada keberatan oleh pemerintah AS. Meskipun demikian, saham lebih tinggi pada perdagangan sebelum ditutup mendatar.

Tidak setiap saham perusahaan minyak naik pada hari Jumat. Perusahaan minyak Italia Saipem melihat saham jatuh, turun lebih dari 20 persen, setelah harga rights issue € 3,5 miliar dengan diskon 37 persen, menurut laporan Reuters.

Dalam berita pendapatan, pengecer makanan Delhaize ditutup naik 2,8 persen, setelah perusahaan membukukan pertumbuhan penjualan yang kuat di negara asalnya, Belgia. Pengecer lain juga diperdagangkan lebih tinggi, termasuk Carrefour dan Metro, naik sekitar 6 persen.

Hari ini belum ada data indikator ekonomi kawasan Euro yang akan dirilis. Namun selasa dinihari besok akan ada pidato dari Presiden ECB, Mario Draghi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan menguat terbatas menantikan pidato Draghi yang akan semakin menguatkan stimulus yang akan disiapkan ECB. Namun perlu diperhatikan harga minyak mentah, dan perkembangan Tiongkok, yang jika melemah, akan dapat menekan bursa Eropa.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here