Harga Minyak Mentah Naik Dengan Harapan Pengurangan Pasokan

649

Harga minyak mentah ditutup naik pada penutupan perdagangan Rabu dinihari (27/01) dengan harapan kesepakatan OPEC memotong pasokan minyak mentah.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak telah meminta produsen saingan untuk memotong pasokan bersama anggotanya, tetapi Rusia, dilihat sebagai kunci untuk kesepakatan, telah menolak sejauh ini.
Tapi menteri minyak dari Irak, Selasa mengatakan pemimpin OPEC Arab Saudi dan produsen besar non-OPEC Rusia menunjukkan tanda-tanda fleksibilitas sekitar menyetujui untuk mengatasi sebuah kekenyangan minyak yang telah mendorong harga ke posisi terendah 12-tahun.

“Kami telah melihat beberapa fleksibilitas dari saudara di Arab dan perubahan nada dari Rusia,” kata Adel Abdel Mahdi, yang negaranya merupakan produsen terbesar kedua di Organisasi Negara Pengekspor Minyak.

Meskipun harga minyak mentah anjlok sekitar 20 persen tahun ini, produsen OPEC besar belum memotong kembali pada rencana investasi. Sebaliknya, beberapa berencana untuk meningkatkan pasokan, seperti seorang pejabat Irak mengatakan Senin negaranya melaporkan rekor produksi pada akhir 2015.

Anggota OPEC di negara teluk, yang dipimpin oleh Arab Saudi, telah menegaskan OPEC tidak akan memangkas produksi sendiri, yang akan menyerahkan pangsa pasar untuk persaingan.

David Hufton broker minyak PVM menganggap kesepakatan bisa membawa pasar minyak ke $ 40-$ 60 per  barel.

Harga minyak mentah WTI terakhir diperdagangkan naik 57 sen pada $ 30,51, setelah itu ditutup naik $ 1.11, atau 3,66 persen, pada $ 31,45 per barel.

Minyak mentah Brent naik 59 sen, atau 1,87 persen, pada $ 31,07 per barel.

Harga minyak mentah juga naik setelah laporan data American Petroleum Institute menunjukkan persediaan minyak mentah mingguan lebih besar dari biasanya, The Wall Street Journal melaporkan.
Persediaan minyak AS meningkat 11,4 juta barel pada minggu terakhir, sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Journal. 

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS, yang diindikasikan berdasarkan hasil konsensus akan berada pada 3.3M, turun dari hasil sebelumnya pada 3.979M.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan, jika hasil persediaan minyak mentah mingguan AS terealisasi menurun, akan meningkatkan harga minyak mentah. Harga akan menembus level Resistance $ 32,00-$ 32,50, dan jika harga retreat akan menembus level Support $ 31,00-$ 30,50.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here