Aktifitas Manufaktur Tiongkok Memburuk

1070

Sektor manufaktur besar Tiongkok melambat pada awal tahun 2016, tergambar dari indeks pembelian manajer kembar (PMI) survei yang dirilis pada hari Senin (01/02), menandakan kelemahan dalam perekonomian negara ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Biro Statistik pemerintah menyatakan data PMI resmi jatuh 3,5 tahun terendah 49,4 pada Januari, lebih buruk daripada 49,7 terdaftar pada bulan Desember dan perkiraan median 49,6 dari jajak pendapat Reuters. Hal ini juga menandai bulan keenam berturut-turut bahwa indeks resmi menunjukkan kontraksi.

china-business-confidence (1)

The Caixin / Markit PMI manufaktur, yang diterbitkan 45 menit setelah data resmi, berada di 48,4 pada bulan Januari, naik sedikit dari 48,2 yang tercatat pada bulan Desember tapi menandai kontraksi 11 bulan berturut-turut dalam aktivitas manufaktur.

china-manufacturing-pmi (1)

 

PMI Caixin adalah ukuran kegiatan manufaktur nasional yang berfokus pada perusahaan kecil dan menengah, sedangkan PMI resmi meliputi BUMN dan perusahaan besar. Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi dalam kegiatan manufaktur, sementara angka dibawah 50 menunjukkan titik penyusutan.

Kelebihan kapasitas yang kronis, penurunan permintaan di rumah dan di luar negeri, serta tekanan deflasi telah membebani sektor manufaktur yang sangat penting.

Namun, beberapa analis mengatakan angka terbaru PMI dapat terdistorsi oleh jeda Tahun Baru Imlek selama seminggu mulai tahun ini pada 7 Februari.

Sementara itu, data non-manufaktur PMI resmi berada pada 53,5 pada Januari, dibandingkan dengan pembacaan bulan sebelumnya 54,4, menantang harapan bahwa konsumsi bisa mengambil alih manufaktur sebagai kekuatan pendorong untuk perekonomian Tiongkok.

china-non-manufacturing-pmi

Kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi Tiongkok terangkat ke atas sejak awal 2016, setelah jatuh tajamnya pasar saham negara dan diperbaharui dengan kelemahan dalam yuan Tiongkok memicu kekhawatiran bahwa mesin pertumbuhan dunia dan importir kelas atas ini mengalami lebih banyak masalah.

Data pemerintah menunjukkan produk domestik bruto Tiongkok berada di posisi terendah 25 tahun dari 6,9 persen pada 2015, meskipun beberapa pengamat Tiongkok percaya bahwa tingkat pertumbuhan riil jauh lebih lemah, meningkatkan harapan untuk pemotongan suku bunga lebih lanjut atau rasio persyaratan cadangan (RRR ) oleh Bank Rakyat China (PBOC).

Bank sentral juga telah mengucurkan suntikan dana besar baru-baru ini untuk memenuhi lonjakan permintaan dana menjelang liburan Tahun Baru Imlek.

Kamis lalu (28/01), PBOC mengucurkan 340 miliar yuan (US $ 52 milyar) ke dalam sistem keuangan melalui operasi pasar terbuka reguler, setelah menuangkan 440 miliar yuan hanya dua hari sebelumnya.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here