Bursa Jepang Berakhir Naik Dengan Kebijakan BOJ Yang Melemahkan Yen

530
Vibizmedia Photo

Di akhir perdagangan bursa saham Jepang Senin (01/02), indeks Nikkei berakhir positif, ditutup naik 346,93 poin, atau 1,98 persen, di 17,865.23. Penguatan indeks Nikkei berlanjut dengan dijalankannya kebijakan suku bunga negatif oleh BOJ.

Lihat :Indeks Nikkei Dibuka Positif Dengan Dilaksanakannya Kebijakan Suku Bunga Negatif

Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda melakukan langkah kejutan pada investor Jumat, mengadopsi strategi suku bunga negatif untuk memacu bank untuk meminjamkan dalam menghadapi ekonomi yang melemah. Kejutan ini juga diperkirakan sebagai langkah BOJ untuk melemahkan yen dan menaikkan harga barang impor serta meningkatkan inflasi.

Kebijakan suku negatif berlaku 16 Februari dan akan berjalan dalam sistem tiga lapis giro lembaga keuangan ‘, mirip dengan program di beberapa beberapa bank sentral di Eropa, kata BOJ.

Sistem Tiga Lapis tersebut adalah :

Saldo yang ada akan terus memiliki tingkat 0,1 persen. Ini akan disebut Basic Balance.

Tingkat nol persen akan diterapkan pada cadangan bagi lembaga-lembaga yang diperlukan untuk menjaga tingkat BOJ, dan juga cadangan yang terkait dengan berbagai program dukungan pinjaman bank. Ini disebut Makro Add-on Balance.

Tingkat minus 0,1 persen akan diterapkan untuk setiap cadangan tidak termasuk dalam dua tingkatan pertama. Ini disebut Policy-Rate Balance.

Kebijakan suku bunga negatif ini melemahkan Yen hari ini. Kurs pasangan dolar-yen diperdagangkan lebih tinggi pada 121,25. Pelemahan yen adalah positif bagi eksportir karena akan meningkatkan keuntungan mereka di luar negeri bila dikonversi ke dalam mata uang lokal.

Dengan pelemahan Yen tersebut menguatkan saham-saham eksportir Jepang. Saham Toyota, Nissan dan Canon ditutup lebih tinggi, antara 1,44 persen hingga 2,71 persen.

Saham pembuat elektronik Sony ditutup naik 12,41 persen setelah perusahaan melaporkan pendapatan kuartal ketiga fiskal. Laporan-laporan mengatakan laba bersih naik 33,5 persen secara tahunan ke ¥ 120,1 miliar ($ 999.800.000), mengalahkan ekspektasi pasar.

Reuters melaporkan pagi ini bahwa Toyota akan menghentikan semua produksi di pabrik perakitan Jepang dari 08-13 Februari karena kekurangan baja, menyusul ledakan di sebuah pabrik baja yang dioperasikan oleh salah satu afiliasinya. Produksi dilaporkan mengatakan untuk melanjutkan pada 15 Februari.

Sedangkan Saham Sharp menelusuri kerugian awal 2,9 persen namun berakhir naik 2,88 persen. Pembuat elektronik Jepang saat ini memiliki dua perusahaan yang bersaing menawarkan investasi; satu dari Taiwan Hon Hai Precision Industry, lebih dikenal sebagai Foxconn, dan satu dari dana negara yang didukung Jepang.

Saham produsen kantong udara yang bermasalah, Takata turun 9,98 persen, setelah laporan mengatakan pekan lalu CEO-nya tidak punya rencana untuk mundur seperti yang sekarang. Itu sebelumnya telah melaporkan bahwa CEO akan menawarkan pengunduran dirinya dalam tanda perusahaan mengambil tanggung jawab untuk memicu penarikan kendaraan besar.

Sedangkan saham-saham perbankan sebagian besar turun, memperpanjang kerugian dari Jumat setelah pengumuman BOJ. Tingkat bunga negatif mungkin menekan kenaikan mereka. Saham Mitsubishi UFJ turun 5,46 persen, SMFG jatuh 7,61 persen, dan Mizuho Financial turun 5,88 persen.

Sedangkan untuk indeks Nikkei berjangka terpantau turun -30 poin atau -0,17% pada 17,840, turun dari perdagangan sebelumnya pada 17,870.

agi tadi telah dirilis data indikator ekonomi Nikkei Manufacturing PMI Final Januari yang menhhasilkan nila 52.3, turun dari ekpektasi analis posisi 52.4, dan turun dari hasil sebelumnya 52.6

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Nikkei pada selanjutnya akan berpotensi menguat terbatas, dengan kebijakan BOJ yang melemahkan Yen. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran Support 17,264-16,771, dan kisaran Resistance 18,286-18,779.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here