Sektor Finance dan Perdagangan Gagal Kandaskan IHSG

2081

Indeks Harga Saham Gabungan  di menit-menit terakhir perdagangan Rabu (3/02) berhasil menguat hingga kesudahannya, dimana penguatan 5 sektor menjadi  penopangnya. Namun sejak awal perdagangan sektor property dan sektor finance terus menggerus laju indeks.

IHSG berakhir positif, ditutup naik 0,19% pada 4596,11 dengan indeks saham unggulan LQ45 ditutup naik 0,42% ke posisi 796.81 menghiraukan  pelemahan bursa global pasca  pelemahan harga minyak mentah. Sektor yang menyumbang penguatan terbesar perdagangan hari ini datang dari sektor infrastruktur  dengan saham GIAA penyumbang terbesarnya.

4 Sektor yang berusaha menggerus  perdagangan saham hari ini yaitu sektor property, finance, perdagangan dan agri. Pelemahan yang terjadi pada saham-saham sektor ini terdongkrak oleh aksi profit taking lanjutan pasar untuk saham kapital besar yang sudah mahal seperti saham BBNI, MNCN, LSIP dan CTRA.

Sektor Property terpangkas hingga turun 0,59 persen setelah perdagangan sebelumnya naik 0,12 persen , saham yang memberatkan sektor ini yaitu saham  CTRA, KIJA, ASRI, WIKA dan BKSL.  Namun laju indeks sektor ini berusaha diperkuat  saham PTPP dan ADHI.

Sektor Finance terpangkas hingga turun 0,82 persen setelah perdagangan sebelumnya turun 0,9 persen , saham yang memberatkan sektor ini yaitu saham  BBRI, BMRI,BBCA, BBNI dan BBTN.  Namun laju indeks sektor ini berusaha diperkuat  saham BTPN dan BJBR.

Sektor Perdagangan terpangkas hingga turun 0,21 persen setelah perdagangan sebelumnya turun  0,5 persen, saham yang memberatkan sektor ini yaitu saham  UNTR, MAPI, RALS dan MNCN.  Namun laju indeks sektor ini berusaha diperkuat  saham AKRA dan ERAA.

Sektor Agri terpangkas hingga turun 0,13 persen setelah perdagangan sebelumnya turun  0,5 persen , saham yang memberatkan sektor ini yaitu saham  TBLA, LSIP dan SIMP.  Namun laju indeks sektor ini berusaha diperkuat  saham BWPT, AALI dan SGRO.

 

 

Lens Hu/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here