Rupiah Kamis Pagi Kuat Sekali, Banyak Diburu Asing

517

Mengawali perdagangan pasar valas hari keempat pekan ini, rupiah Kamis (4/02) berhasil dibuka menguat atau rebound dari 2 hari pelemahan berturut oleh anjlok parahnya dollar AS perdagangan semalam dan juga data survey BI untuk bertambahnya optimisme prospek ekonomi tanah air.

Pasar global yang  berinvestasi di Indonesia kembali optimis melihat prospek dollar mereka yang semakin buntung hari-hari ini, dan penilaian mereka semakin kuat oleh data survey BI untuk indeks kepercayaan konsumen bulan Januari 2016. 

Dampak dari penguatan  rupiah  telah membuat asing masukin dananya kembali cukup besar sehingga tercetak net buy sekitar Rp191 miliar. Dan  aksi asing ini   membuat IHSG berhasil bangkit,  naik 1,4 persen  ke posisi 4661.  

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak naik dengan posisi peningkatan 0,70% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13673/US$ setelah  dibuka kuat   pada level Rp13695/US$. Demikian kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini diperkuat ke 13662  dari hari sebelumnya 13757 pada hari Rabu (3/02).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi melemah  hingga akhir perdagangan sore meski dollar juga melemah, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13700  resistance  13624 per dollar.  

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here