Harga Karet Tocom Naik Terdorong Penguatan Minyak Mentah dan Pelemahan Yen

457

Harga karet Tocom pada perdagangan Kamis siang (04/02) membukukan hasil positif. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Juli 2016 menguat terdorong naiknya harga minyak mentah pada sesi perdagangan Asia dan pelemahan Yen.

Harga minyak mentah memperpanjang kenaikan dari sesi sebelumnya pada Kamis, karena melemahnya dolar AS dan potensi pertemuan negara produsen minyak untuk membahas penurunan produksi mengangkat harga pasar. Harga minyak mentah berjangka AS diperdagangkan pada $ 32,68 per barel pada 0119 GMT pada hari Kamis, naik 40 sen dari penutupan sesi sebelumnya ketika mereka rally 8 persen dari bawah $ 30 per barel. Sedangkan harga minyak mentah Brent naik 43 sen menjadi $ 35,47 per barel.

Siang ini terpantau mata uang Yen Jepang mengalami pelemahan 0,11% saat ini berada pada level 118.03 per dollar AS.

Pelemahan yen membuat harga karet alami berjangka Tocom terangkat. Bagi para pembeli luar negeri dengan melemahnya nilai tukar yen membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah sehingga permintaannya mengalami peningkatan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Juli 2016 hari ini mengalami kenaikan sebesar 3,5 yen pada posisi 157,10 yen per kilogram, dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 153,60 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini masih berpotensi menghadapi tekanan positif dengan kenaikan lanjutan harga minyak mentah. Demikian juga perlu diperhatikan pergerakan kurs Yen.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level Support di posisi 152,00 yen. Support selanjutnya ada di 147,00 yen. Sementara itu jika harga melanjutkan penguatan akan menemui Resistance di posisi 162,00  yen dan 167,00  yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here