Saham Kebun Sawit Kurangi Laju IHSG Akhir Pekan

631

Indeks Harga Saham Gabungan  perdagangan hari Jumat (5/02) berlari cukup kencang yang mendapat sumbangan tenaga terbesar dari sektor perbankan dan aneka industri pasca laporan PDB Indonesia kuartal terakhir tahun 2015 yang naik cukup signifikan dibanding kuartal sebelumnya.

IHSG akhir pekan ditutup naik signifikan 2,58% pada posisi 4798,95 dengan indeks saham unggulan LQ45 ditutup naik 3,71% ke posisi 843.95. Dilihat dari tingkat kenaikan indeksnya, sektor yang menyumbang penguatan terbesar perdagangan hari ini datang dari sektor finance (menguat 4 persen lebih) yang dilanjutkan dengan sektor consumer (menguat 2 persen lebih). Adapun saham yang mengkontribusi lonjakan indeks sektor tersebut yaitu saham BBRI, BMRI, ICBP dan AISA.

Namun dari semua sektor yang menguat terdapat 3 sektor yang naik dibawah 1 persen, seperti sektor industri dasar, pertambangan dan agri. Dari ketiga sektor tersebut, sektor agri yang menjadi paling rendah kenaikannya. 

Lihat:  Sektor dan Saham Yang Tinggikan IHSG

SektorAgri  berhasil naik 0,13 persen setelah perdagangan sebelumnya berhail naik 0,5 persen , 3 saham yang alami pelemahan dan  berusaha menekan sektor ini yaitu saham BWPT, SSMS, SMAR, dan TBLA. Sedangkan saham yang berhasil menguat cukup signifikan di sektor ini yaitu saham GZCO dan SIMP.

 

 

Lens Hu/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here