Saham Consumer dan Aneka Industri Gagal Angkat IHSG

433

Laju Indeks Harga Saham Gabungan  perdagangan hari Selasa  (9/02) terhenti oleh tidak kondusifnya pasar keuangan global sehingga menekan kuat 7 sektor, dengan sektor infrastruktur paling tertekan sehingga ambruk cukup signifikan setelah perdagangan sebelumnya di posisi penguatan.

Mengawali pekan ini, IHSG  ditutup turun -0,63% pada 4768,63. Demikian juga dengan  indeks saham unggulan LQ45 ditutup turun -0,68% ke posisi 838.24. Pelemahan IHSG hari ini tertekan pelemahan bursa global.

Dan dilihat dari tingkat penurunan indeksnya, sektor yang menyumbang penurunan  terbesar perdagangan hari ini datang dari sektor infrastruktur , sektor tambang, sektor finance, sektor perdagangan, sektor property, sektor asgri dan sektor industri dasar.  Adapun saham yang mengkontribusi lonjakan indeks ketujuh sektor tersebut yaitu saham BMRI, ADRO, TLKM, INCO, ADHI dan AALI.

Namun dari semua sektor yang melemah terdapat 2 sektor yang berhasil menguat dan naik diatas 0,50 persen, seperti sektor aneka industri dan consumer. Dari kedua sektor tersebut, sektor aneka industri  yang menjadi paling tinggi kenaikannya. 

Lihat:  Sektor dan Saham Yang Anjlokkan IHSG

Sektor aneka industri berhasil naik 1,43 persen setelah perdagangan sebelumnya berhasil naik diatas 1 persen , 4 saham yang alami penguatan dan  mengangkat  sektor ini yaitu saham MASA, ASII, ADMG dan AUTO. Sedangkan saham yang menekan  sektor ini yaitu saham IMAS.

Sektor consumer  berhasil naik 0,53persen setelah perdagangan sebelumnya berhasil naik diatas 1 persen , 5 saham yang alami penguatan dan  mengangkat  sektor ini yaitu saham INDF, AISA, ROTI, GGRM dan UNVR. Sedangkan saham yang menekan  sektor ini yaitu saham KLBF, MYOR, KAEF dan ICBP.

 

 

Lens Hu/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here