Harga Minyak Mentah Sesi Asia Melonjak 4,35%

849

Harga minyak mentah AS melonjak naik dari posisi terendah 12-tahun pada hari Jumat setelah komentar oleh Menteri Energi OPEC memicu harapan pemotongan produksi, namun analis mengatakan langkah tersebut tetap tidak mungkin dan bahwa kelebihan pasokan akan bertahan.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan pada $ 27,35 per barel pada 0014 GMT, naik $ 1,14 atau 4,35 persen dari penutupan sebelumnya.

Harga turun pada terendah 2003 di sesi sebelumnya dengan persediaan dalam negeri tumbuh dan investor melarikan diri dari ekuitas dan aset berisiko lainnya menjadi safe haven seperti emas.

Harga melompat Jumat terjadi setelah Menteri Energi Timur Tengah dari negara OPEC mengatakan anggota produser bersedia untuk berbicara dengan eksportir lain tentang pemotongan produksi.

Menteri Energi Uni Emirat Arab mengulangi lagi panggilan terakhir kepada Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang anggotanya siap untuk bekerja sama dengan produsen lain, meskipun ia menambahkan bahwa minyak murah sudah memaksa beberapa pengurangan produksi yang akan membantu menyeimbangkan pasar itu sendiri.

Sementara Analis mengatakan mereka melihat sedikit kesempatan OPEC dan produsen non-OPEC menyepakati kebijakan umum dan bahwa harga rendah sebagai akibat dari kelebihan pasokan kemungkinan akan bertahan.

“Komentar dari menteri energi UEA yang OPEC bersedia bekerja sama pada pengurangan produksi memiliki dampak yang kecil. Kami melihat kemungkinan respon yang terkoordinasi pada pemotongan pasokan yang sangat rendah,” kata ANZ Bank pada Jumat.

Harga minyak telah jatuh lebih dari 70 persen sejak pertengahan 2014 dengan produsen memproduksi 1-2 juta barel minyak mentah setiap hari lebih dari permintaan membayangi perlambatan ekonomi yang dipimpin oleh perlambatan Tiongkok.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi turun karena masih lebih kuatnya sentimen kelebihan pasokan global. Namun bisa terangkat jika langkah maju mencapai kesepakan pemotongan produksi oleh produsen minyak OPEC dan non-OPEC dapat dicapai. Harga diperkirakan akan menembus level Support $ 26,90-$ 26,40, dan jika harga naik akan menembus level Resistance $ 27,90-$ 28,40.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here