Harga Karet Tocom Stabil Terdukung Kenaikan Minyak Mentah

635

Harga karet Tocom pada akhir perdagangan Kamis siang (18/02) berakhir stabil. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Juli 2016 berada pada posisi sama dengan penutupan sebelumnya, dengan tarik menarik antara kekuatan naiknya harga minyak mentah dan penguatan Yen.

Siang ini terpantau pasangan dollar AS-Yen melemah -0,22% pada 113.85 per dollar AS. Biasanya dengan kenaikan nilai tukar yen Jepang membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang ini menjadi relatif lebih mahal bagi para pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan akan komoditas ini mengalami penurunan.

Namun dengan penguatan harga minyak mentah, menjadi dorongan yang lebih kuat bagi harga komoditas karet tocom untuk tidak jatuh.

Sementara itu, harga minyak mentah berjangka naik di perdagangan Asia, Kamis, setelah Iran menyambut baik rencana Rusia dan Arab Saudi untuk menutup produksi, meskipun analis mengatakan langkah tersebut tidak akan mengarah pada penurunan produksi.

Setelah harga minyak naik di sesi sebelumnya sebanyak 8 persen, namun masih ada pihak yang menyatakan pasar telah bereaksi berlebihan untuk dukungan Iran untuk menutup produksi dan mengatakan langkah Rusia-Arab tidak akan mungkin mengurangi surplus global.

Harga minyak mentah berjangka AS naik 60 sen menjadi $ 31,26 per barel, setelah ditutup naik 5,6 persen pada sesi sebelumnya dan menyentuh posisi tertinggi $ 31,49.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 42 sen menjadi $ 34,92 per barel pada 0409 GMT, setelah ditutup naik 2,7 persen pada sesi sebelumnya setelah mencapai intraday tinggi $ 34,99.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Juli 2016 siang ini ditutup sama dengan posisi penutupan sebelumnya pada 152.6 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini masih berpotensi menghadapi dukungan positif dengan kenaikan lanjutan harga minyak mentah. Demikian juga perlu diperhatikan pergerakan kurs Yen.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level Support di posisi 148,00 yen. Support selanjutnya ada di 143,00 yen. Sementara itu jika harga melanjutkan penguatan akan menemui Resistance di posisi 158,00  yen dan 163,00  yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here