Harga Minyak Mentah Naik Dengan Harapan Pembekuan Produksi

823

Harga minyak mentah berakhir positif di akhir perdagangan pada hari Kamis kembali terdorong laporan anggota OPEC dan Rusia yang telah sepakat untuk bertemu pada bulan Maret untuk membahas penghentian produksi minyak mentah di tingkat Januari.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) menetap 92 sen lebih tinggi, atau 2,86 persen, pada $ 33,07 per barel, setelah jatuh lebih dari $ 1 sebelumnya.

Sedangkan minyak mentah berjangka Brent naik 79 sen menjadi $ 35,22 per barel, juga kehilangan lebih dari $ 1 pada sesi rendah.

Lihat : Naimi : Pemotongan Produksi Minyak Mentah Tidak Akan Terjadi

Menteri Perminyakan Venezuela Eulogio Del Pino mengatakan negaranya, Arab Saudi, Rusia, dan Qatar telah memastikan pada pertemuan di bulan Maret, Bloomberg News melaporkan.

Harga minyak naik pekan lalu dan awal pekan ini setelah empat negara sepakat pembekuan produksi tapi reli hilang setelah pengamat pasar mulai meragukan keberhasilan rencana. Mereka berbalik lebih rendah pada hari Selasa setelah Menteri Perminyakan Saudi Ali al-Naimi mengatakan pengurangan produksi langsung tidak akan terjadi.

Minyak mentah berjangka telah jatuh sebanyak 3 persen, dengan data yang menunjukkan rekor tertinggi baru dalam persediaan minyak mentah AS menambah kekhawatiran tentang kelebihan pasokan dalam ekonomi global yang melambat.

Stok di Cushing, Oklahoma titik untuk pengiriman minyak mentah AS naik lebih dari 503.000 barel mencapai di atas 67.500.000 barel antara 19 Februari dan 24 Februari, penyedia intelijen pasar Genscape melaporkan, menurut pedagang yang melihat data.

Data pemerintah AS pada hari Rabu menunjukkan bahwa persediaan Cushing naik 333.000 barel pekan lalu mencapai 65.100.000 selama seminggu berturut-turut dari rekor tertinggi. Persediaan untuk semua Amerika Serikat berada di puncak tertinggi di atas 507.000.000 barel.

Harga minyak telah turun sekitar 70 persen dari tertinggi di atas $ 100 per barel dalam aksi jual selama 20 bulan yang telah memenuhi sedikit perlawanan.

Tapi setelah mencapai posisi 2003 terendah antara akhir Januari dan awal bulan ini, harga minyak telah menunjukkan pemulihan yang lebih baik, sehingga beberapa pedagang bertaruh pasar telah mencapai dasar.

Namun penurunan kembali pekan ini setelah Arab Saudi mengesampingkan pemotongan produksi dan data sebagai berikut menunjukkan tertinggi baru dalam persediaan minyak mentah AS.

Ekonom di Citi memangkas proyeksi mereka untuk pertumbuhan ekonomi global tahun ini menjadi 2,5 persen dari 2,7 persen sebelumnya, mengutip kekuatiran perlambatan pertumbuhan.
“Prospek pertumbuhan global yang memburuk lebih lanjut, dengan penurunan di negara maju bersama kelemahan sebelumnya di pasar negara berkembang,” kata catatan.

Permintaan AS yang kuat untuk bensin membantu membatasi kerugian Kamis sebelumnya.

Permintaan bensin AS berada di 9.060.000 barel per hari (bph) selama pekan yang berakhir 19 Februari, naik dari 8,6 juta barel per hari dalam pekan yang berakhir 22 Januari, kata Departemen Energi.

Data mingguan dari Administrasi Informasi Energi AS pada hari Rabu menunjukkan persediaan minyak mentah naik ke rekor tertinggi baru di atas setengah miliar barel, namun angka keluaran diperkirakan telah jatuh ke sekitar 9,1 juta barel per hari, tingkat yang sama seperti pada Oktober 2015.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi melemah dengan masih kuatnya sentimen kekenyangan pasokan global, kecuali hari ini ada lagi kemajuan kesepakatan pembekuan produksi minyak mentah. Harga diperkirakan menembus level Support $ 32,50-$ 32,00, dan jika harga kembali naik akan menembus level Resistance $ 33,50-34,00.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here