Bursa Tokyo Berakhir Naik Terpicu Pelemahan Yen dan Harapan Stimulus BOJ

635
indeks nikkei

Di akhir perdagangan bursa saham Jepang Jumat (26/02), indeks Nikkei berakhir naik 0,30 persen, atau 48,07 poin pada 16,188.41. Penguatan indeks Nikkei terpicu pelemahan Yen dan harapan stimulus setelah lemahnya data inflasi Jepang.

Lihat :Awal Positif Indeks Nikkei Terdukung Harapan Stimulus Merespon Hasil Inflasi

Saham awalnya mendapat dorongan karena yen melemah, dengan pasangan dolar-yen menguat atas posisi 113, tapi yen menyerah sebagian dari keuntungan selama sesi. Dolar mengambil ¥ 112,69 pada 14:40 SIN / HK. Pelemahan yen adalah positif bagi saham-saham eksportir Jepang karena meningkatkan pendapatan luar negeri ketika mereka dikonversi kembali ke dalam mata uang lokal.

Sedangkan dari berita ekonomi Jepang, inflasi inti Jepang turun dari 0,1 persen pada Desember, pemerintah melaporkan Jumat. Bank of Japan telah menargetkan 2 persen, untuk mendorong konsumen dan bisnis untuk melakukan pembelian. Bank of Japan telah memindahkan target untuk itu 2015-2016 untuk 2017. Tanda-tanda sebelumnya juga menunjukkan ekonomi lemah telah mengangkat harapan untuk melakukan stimulus lanjutan.

Pada akhir perdagangan sore ini saham-saham yang menopang indeks Nikkei adalah saham Unitika Ltd yang naik 4%, saham Tokuyama Corp naik 3,82%, saham Nisshin Steel Co Ltd naik 3,79%, saham IHI Corp naik 3,11%, saham Alps Electric Co Ltd naik 3,10%.

Sedangkan untuk indeks Nikkei berjangka terpantau naik 60 poin atau 0,37% pada 16,320, naik dari perdagangan sebelumnya pada 16,260.

Pada senin pagi mendatang akan dirilis data Industrial Production secara bulanan dan tahunan, yang diperkirakan meningkat dari hasil sebelumnya. Juga akan dirilis data Retail Sales (YoY) Januari yang diperkirakan meningkat dari hasil penurunan sebelumnya. Jika hasil peningkatan ini terealisir, akan menguatkan Yen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei diperkirakan berpotensi melemah terbatas dengan potensi penguatan Yen. Namun perlu diperhatikan pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah, yang dapat mempengaruhi pergerakan indeks Nikkei. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran Support 15,800-15,238, dan kisaran Resistance 16,819-17,381.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here