Harga Batubara Rotterdam Naik Terbantu Kenaikan Minyak Mentah Brent

681

Pada akhir perdagangan Jumat dini hari (04/03), harga batubara Rotterdam menguat, terdorong kenaikan harga minyak mentah berjangka Brent.

Harga minyak mentah berakhir mixed dalam perdagangan sideways sepanjang Kamis, dengan meningkatnya persediaan minyak mentah AS dan kurangnya kemajuan baru untuk kesepakatan pembekuan produksi.

Harga minyak mentah berjangka AS ditutup turun 9 sen, atau 0,26 persen, pada $ 34,57 per barel. Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent naik 12 sen menjadi $ 37,04 per barel.

Lihat : Harga Batubara Rotterdam Turun Mengabaikan Kenaikan Minyak Mentah

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak bulan April 2016 berada di posisi 45,35 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 1,55 dollar atau setara dengan 3,54 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.  

Sementara itu harga batubara kontrak SGX IHS McCloskey Indonesian Sub-Bit FOB Index Futures bulan Maret 2016 hari ini ditransaksikan pada posisi 37,00 dollar per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah, dengan masih kuatnya sentimen kekenyangan pasokan global minyak mentah, kecuali ada kemajuan dalam kesepakatan pemotongan produksi oleh negara-negara OPEC dan non OPEC.

Harga batubara berjangka berpotensi mengetes level Support pada posisi 44,85 dollar dan Support kedua di level 44,35 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan dites jika terjadi kenaikan harga ada pada posisi 45,85 dollar dan 46,35 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here