Harga Batubara Rotterdam Naik Terbantu Penguatan Minyak Mentah

566

Pada akhir perdagangan Selasa dini hari (08/03), harga batubara Rotterdam naik, terbantu kenaikan harga minyak mentah.

Harga Minyak mentah naik lebih dari 5 persen pada akhir perdagangan Senin didorong  pembicaraan produsen OPEC untuk penetapan harga minyak mentah yang lebih tinggi. Produsen minyak utama OPEC secara khusus mulai membahas tentang keseimbangan harga minyak baru sebesar $ 50, konsultan berbasis di New York PIRA mengatakan kepada Reuters.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate berada pada $ 37,90 per barel, naik 5,5 persen, atau $ 1,98 setelah mencapai tertinggi dua bulan di $ 38,11. WTI juga telah memperoleh 12,3 persen pada pekan lalu. Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent untuk kontrak bulan depan naik $ 2,07, atau 5,3 persen, pada $ 40,79 per barel. Sesi tertinggi yang adalah $ 41,04, tertinggi sejak 9 Desember.

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak bulan Maret 2016 berada di posisi 46,70 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,35 dollar atau setara dengan 0,76 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.  

Lihat : Harga Batubara Rotterdam ICE Akhir Pekan Naik, Memperkuat Kenaikan Mingguan 4,5 Persen

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah, dengan masih kuatnya sentimen kekenyangan pasokan global minyak mentah, kecuali ada kemajuan dalam kesepakatan pemotongan produksi oleh negara-negara OPEC dan non OPEC.

Harga batubara berjangka berpotensi mengetes level Support pada posisi 46,20 dollar dan Support kedua di level 45,70 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan dites jika terjadi kenaikan harga ada pada posisi 47,20 dollar dan 47,70 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here