Harga Batubara Rotterdam Rebound Terdorong Kenaikan Minyak Mentah

544

Pada akhir perdagangan Kamis dini hari (10/03), harga batubara Rotterdam rebound, terdorong melonjaknya harga minyak mentah.

Harga minyak mentah melonjak pada akhir perdagangan Rabu terdorong keyakinan pasar akan peningkatan permintaan energi mengimbangi persediaan minyak mentah AS yang mencapai rekor tertinggi untuk minggu keempat.
 
Harga minyak mentah berjangka AS menetap $ 1,79 lebih tinggi, atau 4,9 persen, pada $ 38,29 per barel. Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent naik $ 1,29 ke $ 40,94 per barel, setelah menyentuh level tertinggi tiga bulan pada Selasa di atas $ 41.
 
 
Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak bulan April 2016 berada di posisi 45,95 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,55 dollar atau setara dengan 1,21 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.  

Lihat : Harga Batubara Rotterdam Retreat Tergerus Penurunan Minyak Mentah

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah, dengan masih kuatnya sentimen kekenyangan pasokan global minyak mentah, kecuali ada kemajuan dalam kesepakatan pemotongan produksi oleh negara-negara OPEC dan non OPEC.

Harga batubara berjangka berpotensi mengetes level Support pada posisi 45,50 dollar dan Support kedua di level 45,00 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan dites jika terjadi kenaikan harga ada pada posisi 46,50 dollar dan 47,00 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here