Harga Minyak Mentah AS Tembus $ 40, Posisi Tertinggi 2016

758
Harga minyak mentah AS mencapai mencapai lebih dari $ 40 sebagai posisi tertinggi tahun 2016 pada akhir perdagangan hari Kamis, terdorong optimisme bahwa produsen utama akan melaksanakan kesepakatan pembekuan produksi bulan depan di tengah permintaan bensin melonjak di Amerika Serikat.
 
Melemahnya dolar setelah keputusan kebijakan Federal Reserve pada Rabu yang menunjukkan dua kenaikan suku bunga AS tahun ini, bukan empat juga menarik pembeli minyak yang menggunakan mata uang seperti euro.
 
Tokoh OPEC Arab Saudi dan produsen non-OPEC yang dipimpin oleh Rusia akan bertemu pada 17 April di ibukota Qatar Doha, meningkatkan kemungkinan pertama kesepakatan pasokan global dalam 15 tahun.
 
Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) kontrak bulan depan, berakhir naik 4,5 persen lebih tinggi, pada $ 40,20 per barel, posting penutupan terbaik sejak 3 Desember 2015.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent kontrak bulan depan naik $ 1,15 pada $ 41,48, setelah sebelumnya mencapai puncak tahun ini dari $ 41,60.

 
Harga minyak telah melonjak lebih dari 50 persen dari posisi terendah 12-tahun sejak Organisasi Negara Pengekspor Minyak melayangkan ide pembekuan produksi, meningkatkan Brent naik dari sekitar $ 27 per barel dan minyak mentah AS dari sekitar $ 26.
 
Persediaan minyak mentah AS pekan lalu naik ke minggu kelima berturut-turut dari rekor tertinggi tetapi dengan hanya 1,3 juta barel, jauh lebih kecil dari perkiraan, data pemerintah menunjukkan. Sedangkan permintaan bensin naik 6,4 persen selama empat minggu terakhir dari tahun lalu.
 
Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi mempertahankan penguatan dengan kemajuan rencana pembekuan produksi. Harga minyak diperkirakan akan menembus kisaran Resistance $ 40,70-$ 41,20, namun jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 39,70-$ 39,20.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here