Kekuatan Rupiah Rabu Siang Menyusut Kembali

525

Hingga perdagangan akhir pasar valas sesi Asia Rabu (23/03), rupiah yang dibuka kuat terhadap dollar  masih nyaman di zona hijau. Namun penguatan tersebut terus berkurang hingga siang ini. Kondisi dollar AS sendiri di pasar spot sedang alami penguatan terhadap beberapa rival utamanya dan semua kurs  kawasan Asia.

Meskipun rupiah masih positif, namun aksi jual asing di bursa saham  terus berlanjut hingga mencapai  net sell asing sebesar Rp387 miliar perdagangan siang ini.  Keluarnya  modal asing cukup besar siang ini  membuat IHSG terkoreksi -0,5 persen. 

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot siang ini bergerak positif dengan posisi kenaikan 0,05% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13180/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13167/US$. Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI, rupiah Selasa diperkuat dari perdagangan sebelumnya. 

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat  ke posisi 13167 dari hari sebelumnya 13175  pada hari Selasa (22/03), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat  ke posisi 13233   dari posisi 13241 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah hingga akhir pasar spot hari ini  berpotensi melemah hingga akhir perdagangan oleh proyeksi pertambahan penguatan dollar AS sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13206  resistance  13152 per dollar.  

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here