Harga Kakao ICE Naik Terbantu Pelemahan Dollar AS

436

Harga kakao berjangka berakhir naik pada akhir perdagangan Kamis dini hari (30/03). Harga komoditas bahan baku cokelat tersebut naik terpicu pelemahan dollar AS.

Melemahnya dolar membuat komoditas kakao yang berbasis dolar ini menjadi lebih murah dalam mata uang lainnya, dimana mata uang AS menuju kuartal terburuk dalam lima tahun karena komentar dovish Ketua Fed Janet Yellen yang masih berhati-hati untuk kenaikan suku bunga AS selanjtnya pada tahun 2016.

Lihat : Harga Kakao ICE Stabil Terpicu Pelemahan Dollar AS

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga kakao berjangka kontrak Mei 2016 yang merupakan kontrak paling aktif ditutup naik. Harga komoditas tersebut ditutup naik sebesar 4 dollar atau 0,13 persen pada posisi 2.974 dollar per ton.

Malam nanti akan dirilis data Jobless Claim AS yang diindikasikan meningkat dari sebelumnya.Jika hasil ini terealisir akan menekan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya akan menguat kembali jika pelemahan dollar AS terealisir. Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level Resistance pada posisi 3.020 dollar. Jika level Resistance tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 3.070 dollar. Sedangkan level Support yang akan dites jika terjadi pelemahan ada pada 2.920 dollar dan 2.870 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here