Harga Minyak Mentah Sesi Asia Tertekan Kelebihan Pasokan Dan Penguatan Dollar AS

707

Harga minyak mentah berjangka turun di perdagangan Asia Jumat (01/04) karena kekuatiran kelebihan pasokan dan penguatan dolar membebani sentimen, meskipun produksi minyak AS yang jatuh lagi pada bulan Januari membantu untuk membatasi kerugian.

Harga minyak mentah berjangka AS kontrak bulan depan turun 25 sen menjadi $ 38,09 per barel setelah menetap naik 2 sen di sesi sebelumnya. Harga minyak mentah As ini naik 4 persen selama Januari-Maret, juga kenaikan kuartalan pertama sejak melonjak hampir 25 persen pada kuartal kedua tahun lalu.

Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Juni turun 27 sen menjadi $ 40,06 per barel pada 0320 GMT. Kontrak Mei, yang berakhir pada Kamis, ditutup naik 34 sen pada $ 39,60 per barel. Brent melonjak 6 persen pada kuartal pertama, peningkatan kuartalan pertama sejak naik 15 persen pada kuartal kedua 2015.

Lihat : Harga Minyak Mentah Akhir Maret Naik Tipis, Kuartalan Naik 3 Persen

Namun, harga baru-baru ini ditarik kembali pada volume perdagangan rendah, kekhawatiran tentang kelebihan pasokan menjelang pertemuan produsen minyak di Doha yang setuju untuk membekukan produksi yang mungkin pada tanggal 17 April, dan dolar yang lebih kuat, kata Michael McCarthy, kepala strategi pasar di CMC Markets di Sydney .

Indeks dolar naik di perdagangan Jumat, rebound dari pertengahan Oktober mencapai rendah di sesi sebelumnya. Sebuah penguatan dollar AS membuat komoditas berdenominasi dolar seperti minyak lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Pemotongan produksi minyak mentah AS, yang jatuh untuk bulan keempat berturut-turut pada bulan Januari, yang membantu mendukung harga pada hari Jumat, kata McCarthy.

Produksi minyak mentah AS turun 56.000 barel per hari (bph) menjadi 9.179.000 barel per hari pada bulan Januari, produksi minyak bulanan berturut-turut telah jatuh dan tingkat terendah sejak Oktober 2014, menurut data bulanan dari Administrasi Informasi Energi AS.

Ekonom dan analis minyak yang disurvei oleh Reuters mengangkat perkiraan harga rata-rata mereka untuk 2016 untuk pertama kalinya dalam 10 bulan, tetapi memperingatkan bahwa kekhawatiran investor atas kelebihan pasokan global, menurunnya permintaan dan melemahnya prospek ekonomi bisa membebani harga.

Para analis mengatakan harga minyak mentah berjangka AS akan rata-rata $ 39,70 per barel pada 2016, dibandingkan dengan rata-rata sekitar $ 33,50 sejauh tahun ini.

Sedangkan berjangka Brent akan rata-rata $ 40,90 per barel survei dari 31 pakar menunjukkan, terhadap rata-rata saat ini sebesar $ 35 untuk tahun ini.

Sementara itu, impor minyak mentah Iran oleh empat pembeli terbesar di Asia melonjak 24,6 persen menjadi 1,27 juta barel per hari (bph) dari tahun sebelumnya untuk mencapai dua tahun tertinggi pada bulan Februari, demikian angka yang dipublikasikan pada hari Kamis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi melemah dengan sentimen kekenyangan pasokan global. Harga diperkirakan menembus kisaran Support $ 37,50-$ 37,00, dan jika harga rebound akan menembus kisaran Resistance $ 38,50-$ 39,00.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here