Harga Emas Naik Terdorong Permintaan Safe Haven Dan Melemahnya Dollar AS

1039

Harga emas naik ke posisi tertinggi dalam hampir tiga minggu pada akhir perdagangan hari Senin, terdorong meningkatnya permintaan safe haven dan pelemahan dollar AS.

Data ekonomi yang lemah dan ketidakpastian atas kebijakan moneter AS telah memberikan kontribusi peningkatan selera investor untuk aset safe haven seperti emas batangan dan aset lainnya dianggap aman, termasuk yen Jepang.

Pelemahan dollar AS juga menguatkan harga emas. Pada akhir perdagangan mata uang, indeks dollar AS melemah -0,23 persen pada 93.97.  Pelemahan dollar AS memberikan dorongan kepada pembeli dengan komoditas dalam mata uang ini menjadi lebih murah untuk dibeli.

Harga emas spot emas sempat mencapai $ 1,260.30 per ons pada awal perdagangan, tertinggi sejak 22 Maret sebelum turun sedikit ke $ 1,255.41, naik 1,22 persen, sebagai keuntungan terbesar harian sejak 29 Maret.

Ketua The Fed AS Janet Yellen mengatakan Kamis lalu bahwa ekonomi AS berada di jalur yang solid dan masih di jalur untuk menjamin kenaikan suku bunga lebih lanjut. Bank sentral AS menaikkan suku pada bulan Desember untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.

Namun, Presiden Fed New York William Dudley pada hari Jumat mengatakan bank sentral harus mengambil pendekatan hati-hati untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut karena lanjutan risiko eksternal terhadap ekonomi AS, meskipun beberapa kekuatan di dalam negeri dan petunjuk terkait inflasi.

Data Jumat menunjukkan bahwa manajer hedge fund dan keuangan memotong posisi net long mereka di emas berjangka dan opsi dalam pekan sampai 5 April tapi masih tidak jauh dari tertinggi dua bulan.

Aset di SPDR Gold Trust, emas terbesar di dunia yang didukung exchange-traded fund, turun 0,22 persen menjadi 817,81 ton pada hari Jumat.

Dalam logam mulia lainnya, harga perak berjangka naik 3,65 persen menjadi $ 15,94 per ons, harga platinum berjangka naik 2 persen menjadi $ 988,10 dan harga paladium naik 1,29 persen pada $ 545,60.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya harga emas akan bergerak menguat dengan potensi pelemahan bursa global dan pelemahan dollar AS. Harga emas diperkirakan akan berada dalam kisaran Resistance $ 1,262.00-$ 1,264.00. Jika harga turun akan menembus kisaran Support 1,258.00-$ 1,256.00.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here