IHSG 9 Mei Sesi 1 Tergerus Aksi Profit Taking

821

Memasuki sesi 1 perdagangan IHSG Senin (09/05), IHSG turun 55,27 poin atau 1,15% pada 4767,32. Pelemahan IHSG terpicu aksi profit taking investor asing.

Aksi profit taking memanfaatkan naiknya harga saham-saham selama 2 hari terakhir sebelum libur panjang pekan lalu.

Melemahnya data perdagangan Tiongkok juga memberikan sentimen negatif.

Ekspor dan Impor Tiongkok turun lebih dari yang diperkirakan pada bulan April, menggarisbawahi melemahnya permintaan di dalam dan di luar negeri dan pendinginan harapan pemulihan di ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Ekspor turun 1,8 persen dari tahun sebelumnya, Administrasi Umum Bea Cukai Tiongkok mengatakan pada hari Minggu, membalikkan pemulihan singkat bulan sebelumnya dan mendukung kekhawatiran pemerintah bahwa lingkungan perdagangan luar negeri akan menantang pada tahun 2016.

Impor April turun 10,9 persen dari tahun sebelumnya, jatuh untuk 18 bulan berturut-turut, menunjukkan permintaan domestik tetap lemah meskipun kenaikan belanja infrastruktur dan pertumbuhan catatan kredit pada kuartal pertama.

Lihat : Ekspor Dan Impor Tiongkok April Turun Dibawah Perkiraan

IHSG siang ini tertekan oleh 9 sektor yang negatif, dengan pelemahan tertinggi pada sektor Industri Dasar yang turun sebesar 2,26%. Pada sesi 1 siang ini tercatat 88 saham menguat, sedangkan 186 saham melemah. Sampai siang ini terjadi transaksi perdagangan sebanyak 2,21 miliar saham dengan nilai mencapai 3,05 triliun, dengan frekuensi perdagangan sebanyak 170.966 kali.

Lihat : IHSG 9 Mei Dibuka Negatif Tertekan Aksi Profit Taking Investor Lokal

Siang ini investor asing berbalik melakukan aksi profit taking. Tercatat siang ini dana asing yang keluar pasar modal mencapai Rp. 119,74 miliar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan IHSG berpotensi melemah terbatas dengan potensi aksi profit taking. IHSG diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 4736-4704, dan kisaran Resistance 4797-4832.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here