Harga Kakao ICE Turun Tergerus Penguatan Dollar AS

532

Harga kakao berjangka ICE Futures turun pada akhir sesi perdagangan Jumat dini hari (13/05). Harga kakao berjangka di ICE Futures New York mengalami penurunan tertekan penguatan dollar AS.

Yen jatuh ke level terendah dua pekan terhadap dolar pada hari Kamis, tertekan oleh spekulasi bahwa Bank of Japan bisa memperluas stimulus moneter segera bulan depan. Hal ini semakin menguatkan dollar AS, dimana indeks dollar AS pada perdagangan kemarin berakhir menguat 0,37 persen pada 94.16.

Penguatan dollar AS membuat komoditas kakao yang dijual dalam mata uang dollar AS ini menjadi lebih mahal, sehingga permintaan menurun.

Lihat : Harga Kakao ICE Turun Mengabaikan Pelemahan Dollar AS

Di akhir perdagangan harga kakao berjangka kontrak Juli 2016 yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan pelemahan. Harga komoditas tersebut ditutup turun sebesar -50 dollar atau -1,63 persen pada posisi 3.020 dollar per ton.

Malam nanti akan dirilis data ekonomi AS Retail Sales dan Michigan Consumer Sentiment yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya akan berpotensi melemah terbatas jika dollar AS terealisir naik.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level Support pada posisi 2.970 dollar. Jika level Support tersebut berhasil ditembus, maka level selanjutnya adalah 2.920 dollar. Sedangkan level Support yang akan diuji jika terjadi penguatan ada pada 3.070 dollar dan 3.120 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here