Harga Karet Tocom 31 Mei Terangkat Pelemahan Yen Dan Kenaikan Minyak Mentah

646

Harga karet Tocom pada penutupan perdagangan sesi siang Selasa (31/05) berakhir naik. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu November 2016 menguat terbantu pelemahan Yen dan kenaikan harga minyak mentah.

Terpantau mata uang Yen Jepang mengalami pelemahan. Pasangan mata uang USDJPY diperdagangkan menguat 0,18 persen pada 111.32.

Pelemahan yen membuat harga karet alami berjangka Tocom terangkat. Bagi para pembeli luar negeri dengan melemahnya nilai tukar yen membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah sehingga permintaannya mengalami peningkatan.

Harga minyak mentah naik pada perdagangan Selasa di sesi Asia dengan adanya permintaan puncak musim panas sebagai awal musim mengemudi di AS, meskipun pasar bahan bakar internasional terbebani oleh meningkatnya produksi di Timur Tengah, yang sebagian besar melayani pelanggan Asia.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan pada $ 49,50 per barel pada 0042 GMT, naik 17 sen dari penutupan terakhir.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan pada $ 49,65 per barel, turun 11 sen dari penutupan terakhir mereka.

Lihat : Harga Minyak Mentah Meningkat Dengan Peningkatan Permintaan AS

Kenaikan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih mahal. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak November 2016 siang ini berakhir naik sebesar 2,5 yen pada posisi 165,50 yen per kilogram, naik dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 163,00 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya hari ini masih berpotensi menguat dengan pelemahan Yen.

Untuk sesi perdagangan selanjutnya harga diperkirakan akan menemui level Resistance di posisi 171,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 176,00 yen. Sementara itu jika harga melemah akan menemui Support di posisi 161,00  yen dan 156,00  yen.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here