Harga Kopi Arabica Naik Terdukung Penguatan Real Brazil

936
Vibizmedia Photo

Harga kopi arabika ICE naik di akhir perdagangan Kamis dini hari (02/06), terdukung penguatan mata uang Real Brazil.

Pada penutupan perdagangan mata uang kemarin Real Brazil menguat terhadap dolar AS. Pasangan kurs USDBRL berakhir turun -0,27 persen pada 3.5977.

Penguatan Real Brazil terjadi setelah pertumbuhan ekonomi kuartal pertama Brazil meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya.

Penguatan Real Brazil adalah sentimen bullish untuk harga komoditas dalam mata uang dolar AS, membuat ekspor kurang menarik dalam mata uang lokal. Brasil adalah produsen top dunia dari kopi.

Lihat : Harga Kopi Arabica ICE Naik Terpicu Bargain Hunting; Bulan Mei Hanya Naik Tipis

Harga kopi arabika berjangka di penutupan perdagangan dini hari tadi mengalami penguatan. Harga kopi arabika berjangka bulan Juli 2016 menguat sebesar 0,35 dollar atau setara dengan 0,29 persen dan ditutup pada posisi 1.2190 dollar per pon.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kopi arabica berjangka untuk perdagangan selanjutnya berpotensi turun dengan pulihnya produksi kopi di Brazil. Namun perlu dicermati pergerakan mata uang Real Brazil yang juga dapat mempengaruhi pergerakan harga kopi arabica.

Harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level Support di posisi 1,2000 dollar dan 1,1800 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan dihadapi jika terjadi kenaikan ada pada posisi 1,2400 dollar dan 1,2600 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here