Harga Karet Tocom 9 Agustus Turun 1,8 Persen Tergerus Pelemahan Minyak Mentah

655

Harga karet alami berjangka Tocom pada perdagangan Selasa siang (09/08) berakhir turun. Pelemahan harga karet Tocom terganjal penurunan harga minyak mentah sesi Asia.

Harga minyak mentah melemah pada perdagangan Selasa sesi Asia di tengah kekhawatiran kekenyangan minyak global, dengan investor mengambil keuntungan dari kenaikan hampir 3 persen dari sesi sebelumnya, mengalahkan sentimen positif kemungkinan pertemuan produsen minyak OPEC.

Harga minyak mentah NYMEX untuk pengiriman September turun 36 sen menjadi $ 42,66 per barel, setelah ditutup naik $ 1.22 atau 2,9 persen, pada hari Senin. Patokan AS ini kehilangan sekitar 14 persen bulan lalu dan naik 2,5 persen pada Agustus.

Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober turun 40 sen ke $ 44,99 per barel pada 0420 GMT, setelah menetap naik $ 1.12, atau 2,5 persen, pada hari Senin. Setelah jatuh hampir 15 persen pada bulan Juli, harga Brent sejauh bulan ini naik sekitar 6 persen.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Turun Tertekan Profit Taking

Pelemahan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih murah. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom mengalami penurunan.

Pada perdagangan hari ini, harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu kontrak bulan Januari 2017 terpantau turun sebesar -2,9 yen atau -1,8 persen, menjadi 153,5 yen per kilogram, turun dari penutupan sebelumnya pada 156,3 yen per kilogram.

Lihat : Harga Karet Tocom 8 Agustus Terangkat Pelemahan Yen dan Kenaikan Minyak Mentah

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka Tocom pada perdagangan sesi selanjutnya berpotensi melemah dengan potensi pelemahan minyak mentah yang dapat mengangkat harga karet Tocom.

Harga komoditas karet berjangka di bursa Tocom akan menguji level Resistance di 158,50 yen dan 163,50 yen. Harga akan menemui Support pada level 148,50 dan 143,50 yen jika harga berada di teritori negatif.

 
Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here