Bursa Eropa Akhir Pekan Negatif; Mingguan Tenggelam 1,7 Persen

638

Bursa Saham Eropa berakhir turun pada perdagangan akhir pekan Jumat, tertekan penurunan tajam saham-saham pertambangan dan perbankan, sementara investor terus mengawasi fluktuasi harga minyak dan berita saham individual.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 datang dari posisi terendah sesi, ditutup turun 0,81 persen. Sementara hampir setiap sektor berakhir dalam zona merah, sektor teknologi ditutup datar. Pada minggu ini, STOXX 600 tenggelam 1,72 persen.

Indeks FTSE berakhir pada 6.858,95, turun -10,01 poin atau -0,15%

Indeks DAX berakhir pada 10.544,36, turun -58,67 poin atau -0,55%

Indeks CAC berakhir pada 4.400,52, turun -36,54 poin atau -0,82%

Indeks IBEX 35 berakhir pada 8.450,60, turun -99,50 poin atau -1,16%

Pasar Eropa jatuh lebih jauh ke zona merah pada Jumat sore, di belakang perdagangan yang lemah di AS, karena investor luar negeri mencerna retorika hawkish dari pejabat Federal Reserve.

Minggu ini, beberapa pejabat Fed telah berkomentar terkait waktu terbaik bagi bank sentral untuk menaikkan suku bunga, terutama karena Fed merilis risalah dari pertemuan Juli pada hari Rabu. Sebelum rilis itu, Presiden Fed New York dan Atlanta, William Dudley dan Dennis Lockhart mengatakan kenaikan suku bunga September dimungkinkan.

Sementara itu, pada hari Kamis, Presiden Fed San Francisco John Williams juga mengisyaratkan dukungan untuk kenaikan suku bunga dalam waktu dekat, mengatakan bahwa menunggu terlalu lama bisa menjadi mahal bagi perekonomian.

Lihat : Fed Williams : Kenaikan Suku Bunga AS September Masuk Akal

Harga minyak menjadi penggerak pasar utama lain pada hari Jumat, dengan minyak mentah berjangka datang di bawah tekanan di perdagangan sore karena investor menganggap kemungkinan produsen terkemuka sebenarnya menahan produksi minyak mereka di masa depan. Brent melayang di $ 50,52, sementara minyak mentah AS berada di $ 48,15 per barel, pada penutupan Eropa.

Sementara itu, sterling jatuh 1 persen terhadap dolar selama perdagangan, setelah laporan media muncul bahwa Perdana Menteri Inggris, Theresa May ingin menjalankan Pasal 50 di musim semi berikutnya. Pound dikupas beberapa kerugian dalam perdagangan kemudian, berdiri di $ 1,3064 pada penutupan Eropa.

Dalam berita bisnis Eropa, CEO dan mantan Ketua bank Italia Monte dei Paschi di Siena (BMPS) dilaporkan dituduh memanipulasi pasar dan akuntansi palsu sebagai bank menyiapkan itu € 5000000000 penjualan saham, Reuters melaporkan. Saham BMPS ditutup turun 2,55 persen.

Sementara itu, saham di pemberi pinjaman UniCredit dihentikan setelah jatuh 5 persen sekitar tengah hari. Pada akhir perdagangan, saham selesai dekat bagian bawah STOXX 600, turun 6,3 persen. Bank Italia lainnya juga ditutup melemah tajam, termasuk Banca Popolare dell’Emilia Romagna, Banca Popolare di Milano dan UBI Banca.

Saham pengecer Jerman Metro tenggelam hampir 3 persen setelah Bernstein menurunkan target harga dan rating untuk saham.

Sektor otomotif melemah, terseret oleh Fiat Chrysler dan BMW setelah Goldman Sachs memangkas prospek pada saham BMW untuk “netral”, dan menurunkan target harga Fiat.

Sementara itu, sumber daya dasar adalah sektor berkinerja terburuk, dengan beberapa penambang menyelesaikan di zona merah, seperti kelemahan dalam harga logam membebani sentimen. Glencore tenggelam hampir 4 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati data ekonomi, pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here