Harga CPO 26 Agustus Tertekan Pelemahan Minyak Mentah

688

Harga CPO di bursa komoditas Malaysia pada perdagangan Jumat (26/08) terpantau turun. Pelemahan harga CPO siang ini terpicu pelemahan minyak mentah di sesi perdagangan Asia.

Harga minyak mentah merosot pada awal perdagangan Jumat (26/08) di sesi Asia dengan pudarnya harapan pembekuan produksi setelah Menteri Energi Arab Saudi menegaskan tidak diperlukan intervensi pasar yang kuat oleh produsen selama pembicaraan bulan depan.

Harga minyak mentah AS West Texas Intermediate (WTI) turun 7 sen menjadi $ 47,26 per barel.

Harga minyak mentah patokan internasional Brent diperdagangkan pada $ 49,55 per barel pada 0114 GMT, turun 12 sen dari penutupan sebelumnya.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Turun Terpicu Pernyataan Bearish Menteri Energi Arab Saudi

Penurunan harga minyak mentah menjadi pemicu sentimen negatif yang membuat harga CPO dalam trend melemah. Pelemahan harga minyak mentah membuat bahan bakar alternatif seperti yang dibuat dari CPO menurun permintaannya.

Harga CPO kontrak paling aktif di bursa komoditas Malaysia hari ini tampak mengalami pelemahan Harga kontrak November 2016 yang merupakan kontrak paling aktif melemah sebesar -13 ringgit atau -0,5 persen dan diperdagangkan pada posisi 2.548 ringgit per ton.

Lihat : Harga CPO 25 Agustus Turun Tergerus Penguatan Yen dan Pelemahan Minyak Mentah

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga CPO berjangka pada perdagangan selanjutnya akan memperhatikan pergerakan harga minyak mentah, yang jika terus melemah akan menekan harga CPO. Pergerakan harga juga bisa dipengaruhi oleh pergerakan mata uang Ringgit serta kondisi permintaan dan pasokan global.

Harga CPO berjangka kontrak November 2016 di bursa komoditas Malaysia berpotensi menguji level Support pada posisi 2.500 ringgit dan 2.450 ringgit. Sedangkan level Resistance yang akan diuji jika terjadi penguatan ada pada posisi 2.600 ringgit dan 2.650 ringgit.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here