Bursa Wall Street Berakhir Negatif Tertekan Pelemahan Minyak Mentah dan Sektor Utilitas

801

Bursa Saham AS ditutup lebih rendah pada akhir perdagangan Rabu dinihari, tertekan pelemahan minyak mentah dan kinerja buruk sektor utilitas yang jatuh 1 persen, sementara investor berhati-hati menjelang laporan pekerjaan Jumat.

Di pasar minyak, minyak mentah AS menetap 1,34 persen lebih rendah pada $ 46,35 per barel di tengah penguatan dolar AS.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan ekonomi AS telah menambahkan 180.000 pekerjaan pada bulan Agustus.

Investor terus mencari petunjuk mengenai langkah selanjutnya Fed Selasa, setelah Wakil Ketua Fed Stanley Fischer mengatakan pasar kerja AS hampir dengan kekuatan penuh. Fischer membuat sambutannya kurang dari seminggu setelah mengatakan kepada CNBC bahwa laporan pekerjaan Agustus akan menentukan keputusan bank sentral pada apakah akan menaikkan suku bunga.

Indeks S & P 500 turun 0,2 persen, dengan utilitas memimpin sembilan sektor yang lebih rendah dan hanya sektor keuangan yang naik. Sektor keuangan telah meningkat lebih dari 3 persen pada Agustus, memimpin semua 10 sektor.

Indeks Dow Jones Industrial Average tergelincir sekitar 50 poin, dengan saham Boeing berkontribusi paling besar dalam kerugian.

Indeks komposit Nasdaq turun sekitar 0,2 persen.

Tiga indeks utama sempat diperdagangkan lebih tinggi di awal sesi.

Indeks kepercayaan konsumen untuk Agustus naik menjadi 101,1, dengan ekonom yang disurvei oleh Reuters melihat jumlah datang pada 97.

Data lain yang dirilis Selasa termasuk S & P CoreLogic Case-Shiller 20-City Indeks Komposit, yang naik tahun 5,1 persen dibanding tahun, dibandingkan harapan 5,2 persen.

Apple juga di radar Wall Street, dengan emiten Dow ini jatuh 0,77 persen setelah Komisi Eropa memerintahkan Irlandia untuk memulihkan lebih dari $ 14500000000 pajak kembali dari raksasa teknologi tersebut.

“Apple telah hati-hati memilih surga pajak paling aman, yaitu Irlandia, dan jika perusahaan akan harus membayar tagihan pajak yang besar ini, dapat mengubah strategi mereka dalam jangka panjang. Ini bisa berarti PHK besar tidak hanya di Irlandia tetapi juga di negara-negara Eropa lainnya seperti perusahaan dapat melakukan langkah bergerak kantornya kembali ke Amerika Serikat, “katanya.

Dolar AS naik terhadap sekeranjang mata uang, dengan euro dekat $ 1,114 dan yen di 102,95. Mata uang Jepang mencapai level terendah terhadap greenback sejak 29 Juli di awal sesi.

Treasury AS mixed, dengan dua tahun yield catatan dekat 0,79 persen dan yield benchmark 10-tahun sekitar 1,57 persen.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 48,69 poin, atau 0,26 persen, menjadi ditutup pada 18,454.30, dengan penurunan tertinggi saham Boeing dan saham Goldman Sachs yang naik tertinggi.

Indeks S & P 500 tergelincir 4,26 poin, atau 0,2 persen, menjadi berakhir pada 2,176.12, dengan sektor utilitas memimpin sembilan sektor yang lebih rendah dan sektor keuangan sebagai satu-satunya yang positif.

Indeks Nasdaq ditutup 9,34 poin, atau 0,18 persen, pada 5,222.99.

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS yang diindikasikan menurun dari hasil sebelumnya. Jika terealisir akan menguatkan harga minyak mentah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan perkembangan bursa global.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here