Bursa Wall Street Berakhir Negatif; Nasdaq Naik 1 Persen Bulan Agustus

754

Bursa Saham AS ditutup lebih rendah pada akhir perdagangan Kamis dinihari, tertekan pelemahan minyak mentah dan kewaspadaan mencermati laporan pekerjaan Jumat.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun lebih dari 100 poin dalam perdagangan tengah hari sebelum menutup sekitar 50 poin lebih rendah, dengan saham Boeing dan Chevron memberikan kontribusi besar paling kerugian.

Indeks S & P 500 turun sekitar 0,25 persen, dengan sektor energi dan bahan turun lebih dari 1 persen dan hampir 1 persen, masing-masing. Sektor Energi memperpanjang kerugian setelah setelah Administrasi Informasi Energi (EIA) mengatakan persediaan naik 2,3 juta barel pekan lalu. Minyak mentah berjangka AS berakhir 3,56 persen lebih rendah pada $ 44,70 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Anjlok 3,5 Persen Tergerus Peningkatan Persediaan

Indeks komposit Nasdaq turun sekitar 0,2 persen, dengan iShares Nasdaq Bioteknologi ETF (IBB) turun 0,85 persen.

Indeks S & P mengakhiri kemenangan beruntun lima bulan dengan turun 0,12 persen di bulan Agustus, sementara Dow Jones mengakhiri kemenangan beruntun enam bulan dengan turun 0,17 persen di bulan Agustus. Indeks Nasdaq naik 0,99 persen pada Agustus.

Perusahaan swasta menambahkan 177.000 pekerjaan pada bulan Agustus, menurut laporan terbaru dari ADP dan Moody Analytics. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan kenaikan sebesar 175.000.

Wall Street mengharapkan melaporkan pekerjaan Agustus, pada hari Jumat, untuk menunjukkan ekonomi AS menambahkan 180.000 pekerjaan.

Data lain yang dirilis Rabu termasuk PMI Chicago untuk Agustus, yang datang di 51,5. Penjualan rumah yang tertunda naik 1,3 persen pada Juli.

Pada hari Rabu, Treasury AS diperdagangkan lebih rendah, dengan dua tahun yield dekat 0,81 persen dan yield 10-tahun sekitar 1,58 persen.

Jumlah Jumat juga bisa mengubah ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga pada bulan September. Menurut alat FedWatch CME Group, ekspektasi untuk kenaikan pada bulan September adalah 27 persen.

Rabu adalah hari perdagangan terakhir di bulan Agustus, bulan di mana saham telah diselenggarakan dalam rentang yang sangat ketat di tengah volume rendah dan volatilitas.

Sektor keuangan memimpin S & P untuk bulanan, maju 3,57 persen.

Dolar AS datar terhadap sekeranjang mata uang, dengan euro dekat $ 1,115 dan yen di 103,44.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 53,42 poin, atau 0,29 persen, menjadi ditutup pada 18,400.88, dengan penurunan tertinggi saham Chevron dan saham Intel yang naik tertinggi.

Indeks S & P 500 turun 5,17 poin, atau 0,24 persen, menjadi berakhir pada 2,170.95, dengan sektor energi memimpin tujuh sektor yang lebih rendah dan sektor utilitas yang positif.

Indeks Nasdaq ditutup turun 9,77 poin, atau 0,19 persen, ke 5,213.22.

Malam nanti akan dirilis data ekonomi AS yaitu ISM Manufacturing PMI Agustus dan Markit Manufacturing PMI Agustus yang keduanya diindikasikan menurun. Juga akan ada data initial Jobless Claim yang diindikasikan meningkat. Jika semua terealisir akan melemahkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak lemah jika data ekonomi AS melemah. Namun juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan perkembangan bursa global.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here