Bursa Eropa Akhir Pekan Naik Setelah NFP AS Merosot, Dorong Kenaikan Mingguan 2 Persen

1034

Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi pada akhir pekan Jumat malam setelah data pekerjaan AS untuk Agustus jatuh jauh dari harapan, meredam harapan kenaikan suku bunga AS bulan September.

Indeks STOXX 600-Eropa pan ditutup 2,1 persen lebih tinggi dan bukukan kenaikan 2,0 persen lebih tinggi pada pekan ini.

Indeks FTSE 100 patokan U.K. ditutup sekitar 2,6 persen lebih tinggi. Indeks CAC Perancis berakhir 2,4 persen lebih tinggi, sementara indeks DAX Jerman naik 1,4 persen.

Nonfarm payrolls AS untuk bulan Agustus datang di 151.000 pekerjaan baru, lebih buruk dari perkiraan 180.000. Laporan payrolls adalah salah satu kunci bagi The Fed dan jumlah yang lemah dapat mendorong bank sentral untuk menunda laju kenaikan suku bunga berikutnya bulan ini.

Lihat : Non Farm Payrolls AS Agustus Melambat, Pudarkan Harapan Kenaikan Suku Bunga September

Hasil ini memacu bursa Wall Street pada hari Jumat, yang juga mendorong kenaikan bursa saham Eropa.

Kenaikan bursa saham Eropa juga didorong oleh rally harga minyak mentah. Ini melihat Brent dan minyak mentah berjangka AS diperdagangkan 2,9 persen lebih tinggi pada sekitar $ 46,80 dan $ 44,40 per barel masing-masing ketika pasar saham Eropa pasar.

Kinerja terbaik di antara saham utama Eropa adalah saham Amec Foster, dengan manajemen perusahaan proyek pertambangan menutup sekitar 7,3 persen lebih tinggi setelah mengatakan itu menerima lebih banyak permintaan.

Sementara itu, saham carnival adalah salah satu pemain terburuk menyusul downgrade Morgan Stanley, yang mendorong saham untuk ditutup turun 4,0 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif setelah data NFP AS melambat, yang semakin memudarkan harapan kenaikan suku bunga AS.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here