Harga Batubara Rotterdam Naik Terdorong Penguatan Harga Minyak Mentah

583

Pada akhir perdagangan Rabu dini hari (07/09), harga batubara Rotterdam naik terdorong kenaikan harga minyak mentah AS.

Harga minyak mentah berjangka AS untuk Oktober, yang diperdagangkan tipis pada Senin karena libur Hari Buruh, berada di $ 44,91, naik 47 sen atau 1,06 persen.

Arab Saudi dan Rusia setuju pada hari Senin untuk bekerja sama di pasar minyak dunia, mendorong minyak mentah Brent untuk melompat hampir 5 persen. Namun kenaikan tertahan setelah Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih mengatakan tidak ada kebutuhan untuk membekukan produksi untuk saat ini.

Lihat : Harga Minyak Mentah Mixed Dengan Meredanya Harapan Kesepakatan Pembekuan Produksi

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak Oktober 2016 berada di posisi 63,85 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,20 dollar atau setara dengan 0,31 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Lihat : Harga Batubara Rotterdam Naik Terbantu Penguatan Minyak Mentah

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik dengan potensi pelemahan dollar AS dengan meredanya kenaikan suku bunga AS.

Harga batubara berjangka berpotensi menguji level Resistance pada posisi 64,40 dollar dan Resistance kedua di level 64,90 dollar. Sedangkan level Support yang akan diuji jika terjadi penurunan harga ada pada posisi 63,40 dollar dan 62,10 dollar.


Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here