Harga Kakao Rebound 1 Persen Terpicu Pelemahan Dollar AS

677

Harga kakao berjangka ICE Futures pada akhir perdagangan Selasa dinihari (13/09) ditutup rebound. Penguatan harga kakao terpicu melemahnya dollar AS.

Indeks Dolar AS turun 0,24 persen terhadap sekeranjang enam mata uang utama, setelah pernyataan dovish Gubernur Fed Lael Brainard, yang menyatakan sementara kemajuan ekonomi terus berlanjut, akan lebih bijaksana untuk Fed untuk menjaga kebijakan moneter yang longgar.

Melemahnya dolar AS membuat komoditas kakao yang berbasis dolar ini menjadi lebih murah dalam mata uang lainnya.

Lihat : Harga Kakao ICE Akhir Pekan Anjlok 4 Persen; Mingguan Ikut Anjlok

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga kakao berjangka kontrak Desember 2016 yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan peningkatan. Harga komoditas tersebut ditutup naik sebesar 28 dollar atau 1,01 persen pada posisi 2.790 dollar per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya berpotensi menguat jika dollar AS terus melemah dengan prospek memudarnya kenaikan suku bunga AS. Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk menembus level Resistance pada posisi 2.840 dollar. Jika level Resistance tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 2.890 dollar. Sedangkan level Support yang akan ditembus jika terjadi penurunan ada pada 2.740 dollar dan 2.690 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here