Pertumbuhan Manufaktur September Tiongkok Stabil, Jasa Meningkat

773

Indeks manufaktur PMI Tiongkok berada di 50,4 pada September, tidak berubah dari bulan Agustus, sedangkan non-manufaktur PMI meningkat menjadi 53,7 dari bulan sebelumnya 53,5, data resmi menunjukkan Sabtu.

PMI manufaktur telah tinggal di atas batas 50 poin yang memisahkan ekspansi dari kontraksi untuk bulan kedua berturut-turut, sedangkan non-manufaktur PMI telah berdiri di atas garis selama tujuh bulan berturut-turut, menurut Biro Statistik Nasional (NBS).

china-business-confidence

NBS statistik Zhao Qinghe mengatakan kedua produksi dan permintaan menunjukkan tanda-tanda stabilisasi di sektor manufaktur, sedangkan sektor non-manufaktur secara bertahap mengambil kenaikan sebagai kepercayaan perusahaan meningkat.

china-non-manufacturing-pmi

Sub-indeks produksi manufaktur naik menjadi 52,8 dari 52,6 pada bulan Agustus, naik untuk bulan kedua berturut-turut. Indeks pesanan baru sedikit turun dari bulan sebelumnya, namun tetap di wilayah ekspansif.

Sub-indeks non-manufaktur untuk pesanan baru naik menjadi 51,4 pada bulan September, level tertinggi pada tahun 2016, menunjukkan permintaan di sektor ini menguat.

Data datang setelah manufaktur PMI Caixin, pengukur swasta aktivitas manufaktur, yang menunjukkan indeks berada di wilayah ekspansif untuk kedua kalinya sejak Februari 2015.

Indeks PMI manufaktur Caixin naik tipis menjadi 50,1 pada September dari 50 bulan sebelumnya, menurut sebuah survei yang dilakukan oleh penyedia layanan informasi keuangan Markit, yang disponsori oleh Caixin Media.

Indeks resmi PMI mengambil sampel 3.000 perusahaan besar di Tiongkok. Sedangan indeks PMI Caixin mengambil sampel 420 perusahaan manufaktur kecil dan menengah dan relatif stabil karena ukuran sampel yang kecil dan dominasi perusahaan-perusahaan kecil.

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here