Bursa Wall Street Turun Terpengaruh Penguatan Dollar dan Proyeksi IMF

1020

Bursa Saham AS ditutup lebih rendah pada akhir perdagangan Rabu dinihari, tertekan oleh kekuatan dolar AS dan proyeksi IMF untuk perlambatan pertumbuhan ekonomi AS.

Indeks dolar AS, yang mengukur kinerja mata uang AS terhadap enam mata uang, mencapai tingkat tertinggi dalam hampir dua bulan. Indeks dollar berakhir naik 0,49 persen di 96,17.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun sebanyak 137,59 poin sebelum menutup sekitar 85 poin lebih rendah, dengan saham 3M memberikan kontribusi paling besar dalam kerugian.

Indeks S & P 500 turun 0,64 persen, dengan sektor utilitas jatuh lebih dari 2 persen untuk memimpin penurunan.

Indeks komposit Nasdaq ditutup 0,2 persen lebih rendah. Saham telah berputar di bagian awal sesi, bergantian antara keuntungan dan kerugian, sebelum menutup lebih rendah.

Pertumbuhan global secara keseluruhan diperkirakan akan berkembang pada 3,1 persen pada 2016, menurut “World Economic Outlook” IMF yang dirilis Selasa. Itu tidak berubah dari perkiraan Juli. Tapi negara maju, termasuk Amerika Serikat, akan melambat tahun ini dengan pertumbuhan 1,6 persen, yang dibandingkan dengan 2,1 persen tahun lalu dan perkiraan Juli IMF sebesar 1,8 persen.

Investor juga mengamati saham Deutsche, setelah mengirim pasar di seluruh dunia untuk anjlok pekan lalu karena kekhawatiran bahwa hal itu tidak akan mampu membayar denda yang sangat besar membebani sentimen investor. Pada hari Selasa, saham raksasa Jerman perbankan AS yang terdaftar naik lebih dari 2 persen.

Surat kabar Jerman Frankfurter Allgemeine Zeitung melaporkan selama akhir pekan bahwa CEO Deutsche John Cryan akan berada di Washington DC untuk menegosiasikan penyelesaian dengan denda pemerintah AS $ 14 miliar.

Dalam berita Fed, Presiden Fed Richmond Jeffrey Lacker mengatakan ada kesempatan yang kuat untuk menaikkan suku bunga secara signifikan dan menjaga inflasi di bawah kendali.


Hasil Treasury AS naik setelah pidato Lacker, dengan dua tahun yield catatan pada 0,82 persen dan yield acuan 10-tahun di 1,68 persen.
Presiden Fed Chicago Charles Evans akan berbicara di 07:40 ET, terkait kebijakan moneter dan ekonomi.

Laporan data kunci karena minggu ini mencakup laporan pekerjaan September, dijadwalkan untuk rilis Jumat di 08:30 ET.Sebelumnya pada hari Selasa, IMF mengatakan ketidakpastian yang berasal dari apa yang disebut Brexit akan meredam kepercayaan investor. IMF melihat U.K. berkembang di hanya 1,8 persen tahun ini, dan melihat perlambatan diperdalam menjadi 1,1 persen tahun depan. U.K. tumbuh pada kecepatan 2,2 persen tahun lalu.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup 85,40 poin lebih rendah, atau 0,47 persen, di 18,168.45, dengan penurunan tertinggi saham 3M dan saham JPMorgan Chase yang naik tertinggi.

Indeks S & P 500 turun 10,71 poin, atau 0,5 persen, menjadi ditutup pada 2,150.49, dengan sektor utilitas memimpin 10 sektor yang lebih rendah dan hanya sektor keuangan yang maju.

Indeks Nasdaq turun 11,22 poin, atau 0,21 persen, menjadi berakhir pada 5,289.66.

Malam nanti akan banyak data ekonomi yang dirilis, yang diindikasikan mixed. Data Adp Employment Change September, ISM Non Manufacturing PMI September, Ekspor dan Impor Agustus diindikasikan naik. Namun untuk data persediaan minyak mentah mingguan oleh EIA diperkirakan naik yang berpotensi menekan harga minyak mentah.Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak mixed mencermati data ekonomi mixed.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here