Rupiah Awal Pekan Ditutup Menguat Terbatas

547

Mengakhiri perdagangan pasar valas tanah air awal pekan ini (19/12),  penguatan rupiah sejak awal perdagangan berhasil dipertahankan dengan penurunan volume. Rupiah bisa bergerak positif di saat dollar AS sedang rebound awali perdagangan sesi Eropa sore ini.

Terbatasnya penguatan rupiah hingga akhir perdagangan bursa   tidak bisa  mengurangi  modal asing keluar  bursa  melebihi arus masuknya,  sehingga tercetak net sell  sebesar Rp422  lebih.  Tekanan jual investor asing  ini turut menekan   laju  IHSG yang anjlok  0,8%.

Lihat: Pelemahan IHSG Awal Pekan Kembali Ditekan Investor Asing

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,04% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13380/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13367/US$. Untuk kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia lebih kuat di 13381 dari perdagangan sebelumnya  di 13426, demikian kurs transaksi antar bank juga diperlemah ke 13493 dari  perdagangan sebelumnya 13434.

Lihat: Anjloknya Dollar AS Masih Berlanjut di Sesi Eropa

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah esok pagi diperkirakan akan menguat jika posisi  dollar AS kembali tertekan meskipun rilis data ekonomi sesi malam positif.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here