Harga Kakao ICE Naik 1 Persen Terbantu Pelemahan Dollar AS

353

Harga kakao berjangka ICE Futures pada akhir perdagangan Rabu dinihari (18/01) ditutup naik. Penguatan harga kakao terpicu pelemahan dollar AS.

Dollar AS jatuh terendah empat pekan dinihari tadi setelah komentar Trump yang menyatakan dolar AS yang terlalu kuat membuat sulit bagi perusahaan Amerika untuk bersaing dengan Tiongkok, dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal.

Melemahnya dolar AS membuat komoditas kakao yang berbasis dolar ini menjadi lebih murah dalam mata uang lainnya.

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga kakao berjangka kontrak Maret 2017 yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan peningkatan. Harga komoditas tersebut ditutup naik sebesar 22 dollar atau 0,99 persen pada posisi 2.235 dollar per ton.

Malam nanti akan dirilis data Inflation Rate dan Produksi Industri AS bulan Desember yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya berpotensi lemah dengan penguatan dollar AS. Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk menembus level Support pada posisi 2.180 dollar. Jika level Resistance tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 2.130 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan ditembus jika terjadi penurunan ada pada 2.280 dollar dan 2.330 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here