Bursa Shanghai 26 Juli Naik; Saham Blue Chip Merosot

679
shanghai index

Saham blue chip Tiongkok jatuh untuk hari kedua pada hari Rabu (26/07) karena kekhawatiran akan pengetatan peraturan lebih lanjut, meskipun kebanyakan pengamat Tiongkok tidak mengharapkan adanya tindakan ketat baru menjelang perombakan kepemimpinan nasional yang sensitif di musim gugur.

Indeks CSI300 blue-chip turun 0,4 persen menjadi 3.705,39 poin, sementara Shanghai Composite Index naik 0,1 persen menjadi 3.247,67 poin.

Pedagang mengatakan investor semakin waspada setelah bank sentral negara itu berjanji untuk mengatur secara ketat perdagangan pasar keuangan, dan saat regulator sekuritas berjanji untuk mempertahankan “normalisasi” daftar baru.

Bank sentral mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka akan memperkuat peraturan keuangan internet karena para pembuat kebijakan terlihat mengendalikan risiko di pasar regulator yang “kacau”.

Sementara pernyataan tentang mengatasi risiko tidak baru, mereka menggarisbawahi suasana pasar yang gelisah setelah para pemimpin puncak baru-baru ini menegaskan bahwa mereka akan terus berupaya mengurangi risiko dalam sistem keuangan. Pihak berwenang telah meluncurkan serangkaian tindakan awal tahun ini.

Pasar tampaknya tidak terpengaruh oleh berita bahwa Tiongkok akan mengubah semua perusahaan besar yang dimiliki oleh pemerintah pusat menjadi perusahaan pertanggungjawaban terbatas atau perusahaan saham gabungan pada akhir 2017, yang berpotensi mendorong lebih banyak aktivitas merger di sektor yang membengkak dan seringkali tidak efisien.

Tiongkok menyetujui sekitar 250 IPO di paruh pertama, sebagian besar oleh perusahaan kecil dan menengah, yang menurut para investor telah berkontribusi terhadap penurunan harga saham perusahaan kecil yang mantap.

Kinerja sektor mixed, dengan kerugian yang ditimbulkan oleh saham konsumen dan kesehatan, yang berada di antara sektor dengan kinerja terbaik sejak 2017 karena investor mencari perlindungan pada blue chip yang defensif.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Tiongkok akan bergerak naik terpicu penguatan bursa Wall Street.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here