Bursa Eropa Mingguan Anjlok, Terburuk Tahun 2017

2344

Bursa Saham Eropa mencatat kerugian mingguan terburuk tahun ini pada akhir pekan hari Jumat malam (11/08) karena ketegangan geopolitik terkait Korea Utara meningkat.

Indeks FTSE berakhir pada 7309.96, turun -79.98 poin atau -1,08%

Indeks DAX berakhir pada 12014.06, turun -0.24 poin atau 0%

Indeks CAC berakhir pada 5060.92, turun -54.31 poin atau -1.06%

Indeks IBEX 35 berakhir pada 10282.90, turun -167.10 poin atau -1.60%

Indeks Pan-European Stoxx 600 berakhir lebih dari 1 persen lebih rendah ke level terendah lima bulan dengan hampir semua sektor di wilayah negatif. Untuk minggu ini, patokan turun 2,6 persen, sementara FTSE 100 dari Inggris, DAX Jerman dan CAC Prancis 40 turun lebih dari 2,3 persen minggu ini.

Saham minyak dan gas, telekomunikasi dan sumber daya dasar memimpin kerugian pada hari Jumat, dengan sektor yang terakhir turun lebih dari 2,5 persen.

Masalah geopolitik menjadi pemicu sekali lagi setelah Presiden Donald Trump mengeluarkan sebuah babak baru komentar menentang Korea Utara. Dia mengatakan pada hari Kamis bahwa ancaman pertamanya untuk melepaskan “api dan kemarahan” mungkin tidak cukup.

Dengan demikian, investor terlihat mengurangi posisi dari aset tradisional dan menumpuk di tempat yang aman dengan dolar merosot ke level terendah dua bulan terhadap yen Jepang.

Melihat saham individu, Dixons Carphone berakhir di dasar benchmark Eropa setelah downgrade dari BNP Paribas. Saham pengecer Inggris turun lebih dari 7 persen.

Novozymes memangkas prospek pertumbuhan pada hari Jumat setelah pertumbuhan yang lebih rendah dari perkiraan pada kuartal kedua. Namun, perusahaan biotek asal Denmark itu melihat stoknya pulih dari kerugian awal hingga mendekati hampir 1 persen lebih tinggi.

Di Italia, pihak berwenang telah memberi Telecom Italia lebih banyak waktu untuk menyerahkan rincian peran pemegang saham Vivendi dalam menjalankan perusahaannya. Di tempat lain, Volkswagen dan Tata Motors telah mengakhiri pembicaraan mengenai penggabungan pasar negara berkembang, Reuters melaporkan.

Harga minyak turun sekitar 0,5 persen pada hari Jumat di tengah kekhawatiran kelebihan pasokan. Badan Energi Internasional mengatakan pada hari Jumat bahwa pasar minyak menyeimbangkan kembali karena permintaan terus meningkat namun diperlukan lebih banyak waktu sebelum fundamental pergeseran ini dirasakan oleh pasar.

Analyst Vibiz Research memperkirakan bursa Eropa bergerak naik dengan penguatan bursa Wall Street. Namun jika ketegangan geopolitik muncul lagi, akan menekan bursa.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here