Di Sesi Eropa Harga Emas Turun Lagi, Dollar Stagnan, Harga Antam Naik Sedikit

737

(Vibiznews – Commodity) – Harga spot emas dunia turun lagi pada hari Selasa sore di sesi perdagangan Eropa, sementara dollar agak stagnan dalam dua hari terakhir, yang diperdagangkan dalam kisaran yang ketat di tengah kemungkinan pengumuman awal pimpinan Federal Reserve AS yang berikutnya (24/10).

Spot emas stabil pada level $1,278.25 per ounce pada sore WIB ini, setelah sempat di level terendah sejak 6 Oktober pada $1,271.86 si sesi sebelumnya.

“Tidak ada yang benar-benar akan memacu aksi jual besar untuk emas. Kami menunggu arah mata uang … mungkin orang-orang cemas tentang pengumuman awal dari Trump tentang kursi the Fed,” kata seorang pedagang yang berbasis di Hong Kong, seperti dikutip CNBC (24/10).

Dollar sempat tergelincir terhadap sekeranjang mata uang utama dan yen Jepang, setelah naik ke level lebih dari tiga bulan tertingginya terhadap yen, karena perhatian pasar beralih kepada siapa yang akan menjadi ketua the Fed berikutnya.

Presiden Donald Trump mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa dia “sangat, sangat dekat” untuk membuat keputusan tentang siapa yang harus memimpin The Fed. Dikatakan dia sedang mempertimbangkan Gubernur Fed Jerome Powell dan ekonom Stanford University John Taylor untuk posisi tersebut.

Pemegang jabatan saat ini, Janet Yellen, masa jabatannya berakhir pada bulan Februari, adalah satu dari lima kandidat yang diwawancarai Trump untuk posisi tersebut.

Kandidat yang kurang hawkish akan diharapkan untuk menyukai suku bunga yang lebih rendah, mengurangi nilai dolar dan membuat logam mulia denominasi dollar lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

“Saya terkejut kita di level ini. Risiko masih ada, jika Anda melihat pasar saham. Umumnya emas harus lebih rendah … Saya mengharapkan emas akan melayang turun ke area $1.260,” kata pedagang yang berbasis di Hong Kong, yang dikutip CNBC.

Analis teknikal Reuters Wang Tao, mengatakan emas spot dapat menembus resistance di $1,283 per ounce dan naik ke kisaran $1,289 – $ 1,295.

Sementara itu, analis Vibiznews melihat bahwa emas spot dunia ini masih dalam range antara $1.260 sampai $1.290 untuk beberapa hari ke depan.

Di dalam negeri, harga emas spot dalam rupiah stabil di Rp556.002 dibandingkan Rp555 ribuan pada akhir pekan lalu. Demikian pula harga emas ANTAM terpantau naik sedikit ke Rp628.260 per gramnya, dibandingkan harga akhir minggu sekitar Rp622 ribu per gram.

 

Source: CNBC

Analis: J. John

Editor: J. John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here