Harga Minyak Mentah Dunia Ditekan Meningkatnya Persediaan Dan Kuatnya Dolar

549

(Vibiznews – Commodity) – Minyak memperpanjang penurunannya setelah sebuah laporan industri dikatakan menunjukkan jumlah yang mengecewakan untuk stok minyak mentah dan bensin.

Harga minyak mentah di bursa berjangka merosot lebih lanjut setelah ditutupnya bursa saham Wallstreet, New York menyusul rilis data dari American Petroleum Institute, yang menunjukkan penurunan persediaan minyak mentah 1,56 juta barel untuk pekan lalu.

Sementara para analis memperkirakan persediaan minyak dunia akan mengalami penurunan 2,45 juta saat Administration Information Administration merilis data pada hari Rabu. Angka yang akan ditunjukkan oleh API juga diperkirakan akan menunjukkan peningkatan penyimpanan bensin, saat pedagang mengharapkan penurunan.

Harga minyak tanah dunia turun lebih rendah selama perdagangan Selasa juga karena adanya kekhawatiran akan jenuhnya daya beli dan produksi serpih meningkat. Kekuatan dalam nilai tukar dolar juga menekan harga jual minyak mentah.

OPEC mengatakan laporan World Oil Outlook pada hari Selasa bahwa produksi serpih akan melonjak menjadi 7,5 juta barel per hari pada 2021, 56 persen lebih tinggi dari perkiraan setahun yang lalu. Pada saat yang sama, AMDAL mengatakan bahwa mereka melihat produksi minyak mentah domestik rata-rata akan menjadi 9,95 juta barel per hari tahun depan, dibandingkan dengan pencapaian 9,6 juta ton pada tahun 1970.

West Texas Intermediate untuk pengiriman Desember diperdagangkan pada $ 56,94 per 5:28 p.m. setelah menetap di $ 57,20 per barel di New York Mercantile Exchange. Total volume yang diperdagangkan sekitar 12 persen di atas rata-rata 100 hari. Harga naik $ 1,71 atau 3,1 persen menjadi $ 57,35 pada hari Senin, penutupan tertinggi sejak Juni 2015.

Brent untuk pengiriman Januari tergelincir 58 sen untuk mengakhiri sesi di $ 63,69 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Minyak mentah patokan global diperdagangkan pada premium $ 6,26 sampai Januari WTI.

Laporan API juga menunjukkan stok bensin naik sebesar 520.000 barel pekan lalu, menurut orang-orang yang mengetahui data tersebut. Itu dibandingkan dengan penurunan stok bensin sebesar 1,85 juta barel yang terlihat dalam survei Bloomberg. Persediaan penyulingan turun sebesar 3,13 juta barel dan Cushing, persediaan minyak mentah Oklahoma meningkat sebesar 812.000 barel dalam laporan API, kata orang-orang tersebut.

OPEC tidak melihat ada tentangan untuk memperpanjang pemotongan produksinya di luar bulan Maret 2018 dan diskusi sekarang berfokus pada durasi perpanjangan, kata pejabat tinggi kelompok tersebut.

Stok minyak mentah A.S. turun ke tingkat terendah sejak Oktober 2004, demikian data yang ditunjukkan DOE.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here