Amerika Jadi Hambatan Utama OPEC Tekan Pasokan Minyak Mentah Dunia

664

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak stabil pada hari Jumat namun berada di jalur untuk penurunan mingguan pertama dalam enam minggu, di bawah tekanan dari lonjakan pasokan A.S. dan merayapnya keraguan atas dukungan Rusia untuk melanjutkan penurunan produksi minyak mentah.

Harga minyak mentah Brent, patokan internasional untuk harga minyak, berada di $ 61,23 per barel pada 07:46 GMT, turun 3 sen dari harga penutupan terakhir mereka.

Minyak mentah berjangka A.S. West Texas Intermediate (WTI) berada di $ 55,36 per barel, naik 22 sen. Pedagang mengatakan ekspor minyak mentah A.S. yang kuat mengangkat WTI.

Namun, minyak mentah ditetapkan turun sekitar 2-4 persen pada minggu ini karena kekhawatiran tentang pertumbuhan produksi dan persediaan A.S., setelah kedua tolok ukur harga minyak mentah dunia tersebut menyentuh harga tertinggi di tahun 2015 pada minggu lalu.

Pasar minyak mentah telah mendapat dukungan umum dalam beberapa bulan terakhir oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), yang bersama dengan beberapa produsen non-OPEC termasuk Rusia telah menahan produksi sejak Januari untuk memperketat pasokan minyak mentah dunia dan menaikkan harga. Tindakan ini menyebabkan kenaikan hampir empat persen harga Brent sejak Juni.

“Perjanjian pemotongan produksi antara beberapa produsen minyak OPEC dan non-OPEC menyebabkan penurunan persediaan dan pemulihan harga minyak,” kata bank Belanda ABN Amro. “Pada 2018 kami mengharapkan kelanjutan dari rally harga minyak hingga $ 75 per barel,” kata ABN.

Kesepakatan untuk menahan produksi akan berakhir pada Maret 2018, namun OPEC akan bertemu pada 30 November untuk membahas lebih lanjut kebijakan tersebut.

Masalahnya masih posisi stok minyak mentah dunia berada di atas rata-rata lima tahun,” kata William O’Loughlin, analis investasi di Rivkin Securities Australia.

Khalid al-Falih, menteri energi Arab Saudi, yang merupakan pemimpin de facto OPEC, mengatakan pada hari Kamis bahwa “kita perlu menyadari bahwa pada akhir Maret kita tidak akan berada pada tingkat yang kita inginkan.”

Kendala utama OPEC dalam menekan tingkat persediaan minyak dunia datang dari Amerika Serikat, di mana produksi minyak mentahnya mencapai rekor 9,65 juta barel per hari (bpd) bulan ini, yang berarti output telah meningkat hampir 15 persen dari level produksi terendahnya yang di capai pada pertengahan 2016.

“Mari berasumsi bahwa produksi minyak A.S. terus berlanjut ke atas lintasannya. Mereka bisa mencapai 10 juta bph pada akhir 2017, “kata Matt Stanley, broker bahan bakar di Freight Investor Services (FIS) di Dubai.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here