Bursa Eropa Bergerak Lebih Kuat Terdukung Keberhasilan Negosiasi Brexit

593

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa sebagian besar menguat pada hari Rabu (29/11) setelah adanya tanda-tanda kemajuan dalam pemotongan pajak A.S. dan negosiasi Brexit.

Indeks FTSE bergerak pada 7424.10, turun -36,55 poin atau -0,49%

Indeks DAX bergerak pada 13179.86, naik 120,33 poin atau 0,92%

Indeks CAC bergerak pada 5423.76, naik 33,28 poin atau 0,62%

Indeks Pan-European Stoxx 600 bergerak 0,63 persen lebih tinggi pada pertengahan perdagangan pagi, dengan hampir semua sektor dan bursa utama di wilayah positif.

Saham ritel memimpin kenaikan pada hari Rabu pagi, naik di atas 1,6 persen pada transaksi pertengahan pagi. Ocado adalah salah satu pemain top di sektor ini, menambah kenaikan lebih dari 20 persen pada sesi sebelumnya. HSBC menaikkan target harga saham pada hari Rabu pagi, mengirimkan saham kelompok pedagang online Inggris lebih dari 2,2 persen lebih tinggi.

Indeks perbankan Eropa juga menguat, naik lebih dari 1,4 persen di tengah berita restrukturisasi. Deutsche Bank mengatakan rencana untuk mengubah bank investasinya akan memakan waktu dua sampai tiga tahun lagi. Pemberi pinjaman terbesar Jerman telah berusaha untuk menentengkan kapal setelah serangkaian skandal dan tuntutan hukum tahun lalu. Sahamnya 1,2 persen lebih tinggi.

Inggris dan Uni Eropa (UE) dilaporkan telah mencapai kesepakatan dengan RUU Brexit pada hari Selasa. Surat kabar Inggris mengatakan total akhir akan mencapai sekitar 50 miliar euro ($ 59,2 miliar). Kesepakatan mengenai RUU tersebut akan mengindikasikan London dan Brussels mendekati tahap baru dalam perundingan mereka.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa Wall Street. Bursa Wall Street diindikasikan akan bergerak positif, dengan perkiraan kenaikan data GDP Growth Rate QoQ 2nd Est Q3 AS dan perkiraan penurunan pasokan minyak mentah AS. Jika terealisir akan menguatkan  bursa Eropa.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here