Harga Karet Tocom Kembali Dilemahkan Yen Jepang

657

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet Jepang yang diperdagangkan di bursa berjangka Tocom  hari Kamis  (07/03) turun lagi melanjutkan trend pelemahan perdagangan sebelumnya menerima sentimen negatif dari masih tingginya nilai kurs yen Jepang terhadap dolar AS.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak bulan Agustus 2018 akhir perdagangan  hari Kamis ditutup pada posisi 191,7  yen setelah dibuka pada posisi 190 yen dan sempat tinggi ke posisi 193,3. Karet Tocom hanya turun  0,1 yen dari akhir perdagangan sebelumnya di 191,8 yen.

Analyst Vibiz Research Center melihat sejak awal sesi harga karet berjangka kontrak bulan Agustus yang lebih rendah dipicu oleh kuatnya yen Jepang dan anjloknya bursa saham Nikkei. Kemudian tekanan berlanjut oleh posisi harga minyak mentah dunia yang masih lemah.

Terpantau nilai mata uang Yen Jepang bergerak kuat kembali masuki sesi Eropa hari ini, naik 0,09 persen atau 0,1 poin pada 105.96 setelah dibuka pada posisi 106,06 yen dan sempat tertekan ke 106.20 yen pada sesi Asia. Untuk harga minyak mentah West Texas Intermediate yang dibuka kuat awal  sesi Asia, dalam pergerakan konsolidasi kini sudah naik 0,20% menjadi $61.14 per barel.

Jul Allens, Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here