Dolar AS Retreat Terkena Profit Taking Menjelang Keputusan The Fed AS

928

(Vibiznews – Forex) Dolar AS mundur dari tertinggi tiga minggu pada Rabu (21/03) karena para pedagang mengambil beberapa keuntungan menjelang kenaikan suku bunga pertama Federal Reserve pada 2018 yang diperkirakan dan berfokus pada apakah bank sentral akan mengindikasikan kenaikan tiga atau empat untuk tahun ini.

Dengan dolar turun, euro dan yen mampu memulihkan beberapa kerugian yang dibuat pada hari Selasa, ketika investor telah masuk ke dolar AS.

Di tempat lain, dolar Kanada dan peso Meksiko, keduanya memperoleh keuntungan setelah laporan bahwa pemerintah AS telah menjatuhkan permintaan yang kontroversial terkait dengan konten-otomatis, menghapus hambatan utama untuk kesepakatan untuk Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).

Dolar turun 0,2 persen terhadap sekeranjang mata uang, setelah mencapai level tertinggi hampir tiga minggu pada hari Selasa.

Mata uang AS telah terjebak dalam kisaran perdagangan karena para investor menunggu kejelasan mengenai apakah kebijakan pengaturan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) akan memperkirakan empat kenaikan suku bunga tahun ini, bukannya tiga kenaikkan yang terlihat dalam perkiraan kuartalan bulan Desember.

Setelah pengumuman FOMC pada 1800 GMT, Jerome Powell akan mengadakan konferensi pers pertamanya sebagai kepala Fed pada 1830 GMT.

Banyak analis mempertanyakan apakah dolar bisa rally jauh di belakang nada yang lebih hawkish dari Federal Reserve, mengingat begitu banyak investor masih memiliki pandangan bearish.

Ketika mata uang AS jatuh, euro menguat 0,4 persen menjadi $ 1,2282, setelah jatuh 0,78 persen pada hari Selasa dan mencapai terendah tiga minggu dekat $ 1,2240.

Terhadap yen, dolar turun 0,2 persen menjadi 106,31 yen, setelah kenaikan Selasa di 0,41 persen, meski perdagangan melambat karena libur publik di Tokyo.

Dolar Australia mencapai titik terendah tiga bulan di $ 0.7679 pada hari Selasa namun pulih beberapa poin pada hari Rabu untuk diperdagangkan naik 0,2 persen pada $ 0,7695.

Australia, produsen besar komoditas pokok, adalah salah satu ekonomi yang paling rentan jika proteksionisme AS mengarah pada balasan dari Tiongkok, konsumen utama dari beberapa komoditas.

Dolar Kanada naik 0,2 persen menjadi C $ 1,3041 terhadap dolar AS, sementara peso Meksiko naik 0,7 persen menjadi 18.630 per dolar AS, mengikuti laporan pelunakan sikap Washington terhadap NAFTA.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dolar AS akan bergerak naik jika The Fed menaikkan suku bunga pertama kali tahun 2018 ini.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here